CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT OPERASIONAL DAN ANALITIS PADA PENYEDIA JASA PERCETAKAN ONLINE “MASPRINT!”

RUBIANSYAH, ARIF RAHMAN (2020) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT OPERASIONAL DAN ANALITIS PADA PENYEDIA JASA PERCETAKAN ONLINE “MASPRINT!”. Other thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover..pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab 5.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

“Masprint!” adalah penyedia jasa percetakan online di Surabaya yang berdiri sejak tahun 2016. “Masprint!” hanya menyimpan data dokumen yang dikirim oleh pelanggan sebagai pengganti data transaksi, yang tentu saja tidak terlalu lengkap, dan data tersebut tidak pernah di manfaatkan untuk kepentingan pengembangan organisasi maupun peningkatan hubungan antara organisasi dan pelanggan. Sehingga dibutuhkan CRM untuk mengintegrasikan semua proses dan jaringan yang terdapat di perusahaan/organisasi, yang dapat menciptakan dan memberikan nilai kepada pelanggan yang ditargetkan secara professional. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah diatas adalah CRM dengan tipe operasional dan tipe analitik. CRM Operasional digunakan untuk membantu pelanggan untuk melakukan transaksi seperti mengirim file, mengetahui harga file yang ingin dicetak, dan mengetahui status dari pesanan pelanggan. CRM Analitik digunakan untuk mengalasisis segmentasi pelanggan dan menganalisis data transaksi lainnya, seperti analisis total transaksi pertahun, analisis total transaksi berdasarkan kertas, dan analisis total transaksi berdasarkan jam pengantaran. Aplikasi CRM analitik dan operasional pada penyedia jasa percetakan online “Masprint!” dibangun dengan basis website. Dengan ini pelanggan dapat memesan tanpa harus datang ke tempat penyedia jasa percetakan dan penyedia jasa juga dapat membuat strategi bisnis yang tepat berdasarkan hasil analisis yang ada pada CRM Analitis. Kata kunci: Jasa Percetakan Online, RFM, Clustering, K-Means

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWIBOWO, NURCAHYONIDN0717037901UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDARIFIYANTI, AMALIA ANJANINIDN0712089201UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:54
Last Modified: 05 Jan 2021 05:54
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item