AYU AMELIA, SHANTI (2022) CITY BRANDING KOTA SURABAYA MELALUI AKUN INSTAGRAM @SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.
|
Other (COVER)
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Other (BAB 1)
BAB I.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Other (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 20 July 2024. Download (521kB) |
||
Other (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 20 July 2024. Download (299kB) |
||
Other (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 20 July 2024. Download (451kB) |
||
|
Other (BAB 5)
BAB V.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR PUSTAKA)
11. Daftar Pustaka.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Other (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 July 2024. Download (399kB) |
Abstract
MELALUI AKUN INSTAGRAM @SURABAYA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas city branding kota Surabaya melalui akun @surabaya. Jenis pendekatan yang digunakan dalam hal ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dimana pendekatan deskriptif kualitatif dapat mengetahui aktivitas city branding kota Surabaya melalui akun @surabaya Surabaya merupakan kota yang memiliki nilai sejarah yang kuat sehingga sangat lekat dengan sebutan kota pahlawan. Sejarah Surabaya meninggalkan banyak bangunan bersejarah di berbagai sudut kota. Pemerintah Kota menerapkan aturan untuk melindungi bangunan bersejarah dengan memosisikannya sebagai cagar budaya. Bangunan Cagar Budaya yang berjejer terutama di Surabaya pusat dan utara dirawat dengan tetap terjaga keasliannya. Bahkan, cagar budaya menjadi alternatif objek wisata bagi masyarakat. Selain sejarahnya, Surabaya juga memiliki budaya yang kuat. Meski menganut kebudayaan Jawa, karakter masyarakat Surabaya relatif berbeda dengan gaya jawa yang umumnya hierarkis. Sebuah kota walaupun sudah memiliki citra yang baik, harus tetap mempertahankan citra tersebut agar kota dapat bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Begitu pula dengan kota Surabaya, harus tetap membangun dan mempertahankan branding “Sparkling Surabaya” agar semakin dikenal masyarakat Indonesia sendiri bahkan sampai dengan dunia Internasional sebagai kota yang memiliki identitas tersendiri. Dalam membangun sebuah city branding, dibutuhkan media untuk membangun branding masyarakat dapat mengenal branding tersebut. Setiap media baik itu media konvensional maupun media baru memiliki karakter masig-masing. Dalam melakukan kegiatan city branding, haruslah memiliki media yang tepat dan sesuai dan juga memiliki target pasar agar kegiatan city branding dapat tersalurkan secara efektif. Salah satu media yang digunakan adalah media sosial. Media sosial yang digunakan Instagram, akun Instagram yang ini menyediakan informasi berhubungan dengan kota Surabaya adalah @surabaya. Akun yang sudah aktif semenjak 29 April 2015 ini untuk memperkenalkan potensi dan keragaman budaya Surabaya lebih jauh. Dengan adanya akun instagram ini, diharapkan masyarakat khususnya pengguna instagram dari dalam ataupun luar kota Surabaya lebih mengenal terhadap kota Surabaya dan sekitarnya. Kata Kunci : City Branding, Surabaya, Instagram, New Media CITY BRANDING SURABAYA CITY THROUGH ACCOUNTS INSTAGRAM @SURABAYA. The purpose of this research is to know how the activity of city branding city Surabaya through @surabaya account. The type of approach used in this case is qualitative descriptive approach, where qualitative descriptive approach can know the activity of city branding of Surabaya city through account @surabaya Surabaya is a city that has a strong historical value so it is very closely with the title of the hero city. The history of Surabaya left many historic buildings in various corners of the city. The City Government implements rules to protect historic buildings by positioning them as cultural reserves. The Heritage Buildings, which are lined up mainly in central and northern Surabaya, are maintained with their authenticity. In fact, cultural reserves become an alternative tourist attraction for the community. In addition to its history, Surabaya also has a strong culture. Although adhering to Javanese culture, the character of Surabaya society is relatively different from Javanese style which is generally hierarchical. A city despite having a good image, must maintain the image so that the city can survive in the face of increasingly fierce competition. Similarly, the city of Surabaya, must still build and maintain the branding "Sparkling Surabaya" to be more known to the people of Indonesia itself even up to the international world as a city that has its own identity. In building a city branding, it takes the media to build branding community can recognize the branding. Every media, both conventional media and new media have their own character. In carrying out city branding activities, must have appropriate media and appropriate and also has a target market for city branding activities can be channeled effectively. One of the media used is social media. Social media used Instagram, Instagram account that provides information related to the city of Surabaya is @surabaya. The account that has been active since April 29, 2015 is to introduce the potential and cultural diversity of Surabaya further. With this instagram account, it is expected that the community, especially the instagram users from within or outside the city of Surabaya know more about the city of Surabaya and surrounding areas. Keywords : City Branding, Surabaya, Instagram, New Media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Lisa nadya irawan | ||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:14 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:14 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7746 |
Actions (login required)
View Item |