Akber, Muhammad RIco Hilal (2022) EVALUASI KINERJA DAN PELAYANAN GERBANG TOL PANDAAN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
17035010046_Cover TA.pdf Download (974kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
17035010046_BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
17035010046_BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2025. Download (638kB) |
||
Text (BAB 3)
17035010046_BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2025. Download (322kB) |
||
Text (BAB 4)
17035010046_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2025. Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
17035010046_BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2025. Download (305kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
17035010046_Daftar_Pustaka.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
17035010046_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 19 July 2025. Download (622kB) |
Abstract
Jalan tol merupakan infrastruktur yang berkembang cukup pesat di Indonesia yang digunakan untuk kendaraan roda 4 atau lebih. Fungsi jalan tol di Indonesia hampir sama dengan fungsi jalan protokol yang ada yaitu penghubung dari satu kota ke kota lain. Perbedaannya jalan tol dengan jalan biasa terdapat pada sistem lalu lintasnya dimana pada jalan protokol sering ditemui banyak hambatan seperti lampu lalu lintas, persimpangan kereta api, kemacetan, dan lain sebagainya. Pada jalan tol hambatan�hambatan tersebut dihilangkan untuk meraih keefektifan perjalanan pengendara mencapai tujuan yang diinginkan. Gerbang Tol Pandaan merupakan gerbang tol yang terletak di Kali Tengah, Karang Jati, Kecamatan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Tingginya intensitas harian kendaraan yang melewati Gerbang Tol Pandaan menyebabkan sering terjadinya antrian panjang yang kerap terjadi pada pintu tol Pandaan khususnya pada akhir pekan. Untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi pada gerbang tol tersebut, maka dilakukan evaluasi menggunakan metode FIFO (First In First Out). Metode ini memungkinkan perhitungan untuk mengurangi debit antrian dengan cara mengukur waku pelayanan dan waktu kedatangan yang terjadi pada Gerbang Tol Pandaan dengan hasil berupa jumlah rata-rata kendaraan dalam sistem pelayanan, jumlah rata-rata waktu satu kendaraan dalam sistem pelayanan, dan rata-rata waktu antrian dalam satu pelayanan. Melalui penelitian ini diharapkan penumpukan jumlah antrian yang terjadi pada Gerbang Tol Pandaan dapat berkurang dan lebih terstruktur. Dari penelitian ini didapati adanya penambahan gardu tol menjadi 8 GTO Regular dan 6 GTO Kecil. Untuk tahun 2027 adalah 10 gardu GTO Regular dan 7 gardu GTO Kecil. Kata Kunci: Evaluasi gerbang tol, sistem antrian, disiplin antrian FIFO
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Rico Hilal Akbar | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:30 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7735 |
Actions (login required)
View Item |