REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM KELUARGA (Analisis Semiotika Roland Barthes Representasi Maskulinitas dalam Keluarga pada Film Pertaruhan)

Luthfiah, Nanda Ulfi (2022) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM KELUARGA (Analisis Semiotika Roland Barthes Representasi Maskulinitas dalam Keluarga pada Film Pertaruhan). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran' Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (700kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (345kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 19 June 2024.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2024.

Download (766kB)

Abstract

NANDA ULFI LUTHFIAH, REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM KELUARGA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM KELUARGA PADA FILM PERTARUHAN) Film tidak terlepas dari kepentingan-kepentingan disekitarnya. Film dapat merefleksikan kehidupan masyarakatnya, dan masyarakat dapat diberdayakan melalui film yang mengangkat tema kehidupan masyarakat tersebut. Film Pertaruhan merupakan film yang menceritakan tentang keempat laki-laki bersaudara dalam keluarga yang sederhana yang hanya memiliki bapak dan tanpa adanya sosok ibu yang mendampinginya. Penelitian ini tentang representasi maskulinitas laki-laki dalam keluarga pada film Pertaruhan. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah untuk menunjukkan makna representasi maskulinitas dalam keluarga yang terdapat dalam film Pertaruhan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan analisis Semiotika Roland Barthes berupa sistem pemaknaan dua tahap yaitu denotasi dan konotasi. Data dikumpulkan dengan mengamati adegan-adegan dalam film Pertaruhan dan mengambil adegan-adegan yang dianggap mampu mewakili maskulinitas laki-laki dalam keluarga. Unsur-unsur dari film Pertaruhan dimaknai oleh peneliti selaku interpretan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari interaksi sosial anggota masyarakat atau budaya tertentu. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa representasi maskulinitas dalam keluarga pada film Pertaruhan berfokus pada sifat maskulinitas New Man as Nurturer (kebapakan) yang diperkuatnya dengan aturan Give em Hell (berani). Sifat maskulinitas New Man as Nurturer (kebapakan) ditujukkan ketika para tokoh saling menjaga anggota keluarganya satu sama lain, sedangkan sifat maskulinitas Give em Hell (berani) terlihat saat para tokoh berusaha mencapai tujuan dari suatu permasalahan atau konflik yang tengah di hadapi. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini yakni ideologi maskulinitas dalam film Indonesia tidak hanya menggambarkan seputar keagresifan laki-laki tapi juga menggambarkan sisi lain, yaitu laki-laki yang menyayangi keluarga. Hal tersebut membuat tokoh dalam film Pertaruhan dipresentasikan sebagai laki-laki maskulin yang baru. Kata kunci: Semiotika, Roland Barthes, Representasi, Maskulinitas, Film Pertaruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAhmad, ZamzamyNIDN0701128305UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Lisa nadya irawan
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:12
Last Modified: 27 Jul 2022 07:12
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7707

Actions (login required)

View Item View Item