PEMANFAATAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA COFFEE BLOGGER @CAFEHITSSURABAYA DI INSTAGRAM

Rochmana, Sunnah Dwi (2022) PEMANFAATAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA COFFEE BLOGGER @CAFEHITSSURABAYA DI INSTAGRAM. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
18043010050.-cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
18043010050.-bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
18043010050.-bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2025.

Download (190kB)
[img] Text (Bab 3)
18043010050.-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2025.

Download (170kB)
[img] Text (Bab 4)
18043010050.-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2025.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
18043010050.-bab5.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18043010050.-daftarpustaka.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
18043010050.-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2025.

Download (801kB)

Abstract

Electronic word of mouth (e-WOM) adalah bentuk promosi di era digital dengan menyebarkan dan membagikan konten visual mengenai suatu merek atau produk secara informal tanpa pengaruh komersial. Studi ini bertujuan untuk memahami pemanfaatan e-WOM dalam promosi akun Coffee Blogger @cafehitssurabaya. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Peneliti terlibat secara partisipatif dalam aktivitas e-WOM di akun coffee blogger @cafehitssurabaya. Pengumpulan data menggunakan penelusuran virtual dan wawancara secara online melalui WhatsApp dengan delapan orang informan, yakni pemilik akun @cafehitssurabaya dan tujuh followers aktif. Hasil studi menunjukkan bahwa e-WOM bermanfaat untuk menyebarkan konten visual terkait opini, review, dan rekomendasi berbagai coffee shop oleh @cafehitssurabaya sehingga berdampak pada promosi dan mendorong keputusan membeli pada calon konsumen. @Cafehitssurabaya mengoptimalkan pemanfaatan e-WOM dengan melakukan interaksi dan diskusi dengan para followers sebagai opinion seekers. Studi ini menyimpulkan bahwa proses e-WOM menjadi media promosi efektif sekaligus membentuk budaya baru pengguna Instagram untuk saling berbagi kecintaan tradisi minum kopi, beragam kopi, serta penyampaian kritik dan pujian pada berbagai coffee shop. Kata kunci: E-WOM; Pemasaran digital; Promosi digital; Coffee blogger

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAchmad, Zainal AbidinNIDN0719057301z.abidinachmad@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Sunnah Dwi s Rochmana
Date Deposited: 04 Mar 2024 05:24
Last Modified: 04 Mar 2024 05:24
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7673

Actions (login required)

View Item View Item