BUDAYA PENGGEMAR DI ERA DIGITAL (Studi Etnografi Virtual pada Penggemar BTS di Twitter)

SA’DIYAH, SHANE SAVERA (2019) BUDAYA PENGGEMAR DI ERA DIGITAL (Studi Etnografi Virtual pada Penggemar BTS di Twitter). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Text (cover)
Cover.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB 3)
3.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (160kB)
[img] Text (BAB 4)
4.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (697kB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lam.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (461kB)

Abstract

SHANE SAVERA SA’DIYAH, BUDAYA PENGGEMAR DI ERA DIGITAL (Studi Etnografi Virtual pada Penggemar BTS di Twitter) Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berkembangnya teknologi internet di berbagai bidang kehidupan manusia, tidak terkecuali aktivitas fandom. Melihat fenomena munculnya fandom K-Pop dengan beragam aktivitas virtual yang seiring dengan perkembangan teknologi, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang fandom ARMY dan melihat bagaimana budaya baru penggemar yang mereka implementasikan di media sosial Twitter. Sehingga jelas, fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang bagaimana budaya penggemar di era digital dengan melihat aktifitas-aktifitas penggemar yang dilakukan oleh para anggota fandom melalui media sosial. Metode yang digunakan adalah studi etnografi virtual Christine Hine (2015). Metode ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu exploring field sites dan wawancara termediasi internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya penggemar dapat dilihat dari empat konteks bidang fandom di internet, yakni 1) komunikasi, menunjukkan bahwa penggemar menggunakan identitas virtual dalam berkomunikasi dan memproduksi fan speak dan fan jokes. 2) kreativitas, adalah penggemar menghasilkan berbagai bentuk fan production yaitu, meme, fan edit, fan cover dan fanfiction, 3) pengetahuan, di bidang ini fanbase bertugas sebagai penyedia informasi bagi anggota fandom, dan 4) kekuatan sipil, yaitu penggemar menyukseskan fan project yang terdiri atas fan streaming, fan voting, birthday project dan fan donation. Kata Kunci : fandom, budaya penggemar, Twitter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAHMAWATI, AULIANIDN0727078201UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:05
Last Modified: 18 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7611

Actions (login required)

View Item View Item