KARLINA, SAFIRA ADNIN (2019) KONSTRUKSI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN INSTAGRAM (Analisis Tekstual Thwaites dalam @Nipplets_Official). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
2.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (269kB) |
||
Text (BAB 3)
3.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (608kB) |
||
Text (BAB 4)
4.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
5.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
“Semua orang perlu menerima dan merayakan bentuk tubuh mereka—bagaimanapun kenampakannya.” Belakangan, kalimat ini telah menjadi bagian dari misi sosial populer, sebagai salah satu bentuk resistensi para liyan terhadap tirani idealisasi tubuh. Teks populer merangkumnya dalam wacana politik tubuh—serupa dengan: body positivity, kecintaan diri (self-love), diversitas kecantikan (beauty diversity)—sebagai gerakan yang lahir dari kesadaran kritis para feminis atas diskriminasi yang diciptakan oleh penindasan konsep tubuh ideal.Penelitian ini fokus untuk mengamati konstruksi tubuh perempuan pada beberapa gambar/teks visual secara keseluruhan yang ditunjukkan pada objek foto yang ditampilkan pada akun Instagram lini lingerie di Indonesia. Simbol-simbol yang ditampilkan dalam teks visual tersebut mengkonstruksi tubuh perempuan melalui teks visual pemasaran dalam Instagram.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan metode analisis tekstual Thwaites, yang memaknai sebuah komunikasi visual secara denotasi, konotasi dan mitos. Melalui metode tersebut peneliti berusaha menganalisis kode/simbol/penanda teks visual iklan Instagram serta mengaitkannya dengan konstruksi tubuh perempuan. Teks visual dalam iklan Instagram Nipplets mengonstruksikkan tubuh perempuan secara ‘tidak biasa’ dan mengusung kampanye politik identitas berupa diversitas kecantikan dan penerimaan diri. Namun, sayangnya penggambaran ini masih lekat dengan penonjolan nilai sensualitas bentuk tubuh dan gaya hidup perkotaan, dibandingkan penonjolan identitas perempuan yang harusnya lebih inklusif, berupa agensi subjektivitas, kemampuan, dan kepribadiannya. Kata Kunci : Konstruksi Tubuh Perempuan, Instagram, Analisis Tekstual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Amalia Hani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:46 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:46 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7607 |
Actions (login required)
View Item |