IMANIYAH, TSAMROTUL (2022) PENENTUAN BEBAN EMISI GAS KARBON MONOKSIDA (CO) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN TOP DOWN DAN PENDEKATAN BOTTOM UP (Studi Kasus : Kawasan Parkir Basement GPDT RSUD. Dr. Soetomo Surabaya). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text
Cover.pdf Download (810kB) | Preview |
|
|
Text
1.pdf Download (14kB) | Preview |
|
Text
2.pdf Restricted to Registered users only until 5 July 2024. Download (295kB) |
||
Text
3.pdf Restricted to Registered users only until 5 July 2024. Download (310kB) |
||
Text
4.pdf Restricted to Registered users only until 5 July 2024. Download (408kB) |
||
|
Text
5.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Dapus.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text
Lam.pdf Restricted to Registered users only until 5 July 2024. Download (2MB) |
Abstract
Emisi gas buang dari kendaraan bermotor adalah salah satu polutan yang mencemari lingkungan secara kimiawi. Emisi gas buang itu sendiri merupakan hasil proses pembakaran bahan bakar pada mesin motor yang tidak sempurna. Permasalahan di parkiran basement RSUD. Dr. Soetomo harus perlu diperhatikan, karena terbatasnya tempat parkir dengan banyaknya pasien dan pengunjung yang berdatangan. Petugas parkir, satpam, pekerja pengatur parkir juga memiliki resiko tinggi terhadap udara yang tercemar oleh gas buangan yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi karbon monoksida (CO) di area parkir basement apakah sudah memenuhi baku mutu udara dan travel time yang dihasilkan dari kendaraan bermotor serta menghitung beban emisi dengan menggunakan metode pendekatan top down dan bottom up. Hasil pengukuran konsentrasi rata - rata selama 2 minggu sebesar 10,39 ppm. Dengan hal ini, hasil pengukuran tersebut masih dibawah baku mutu. Pendekatan metode top down diketahui bahwa semakin banyak konsumsi bahan bakar (bensin maupun solar) maka semakin banyak pula emisi yang dihasilkan per kilogramnya (Kg). Sedangkan pendekatan metode bottom up semakin panjang ruas jalan dan banyaknya volume kendaraan maka semakin besar pula emisi yang dihasilkan. Nilai travel time tidak mempengaruhi konsentrasi CO pada area parkir basement kerena konsentrasi CO meningkat pada malam hari sekitar jam 14:00 - 18:00 WIB. Kata kunci : Konsentrasi Karbon Monoksida (CO), Travel Time, Pendekatan Top Down, Bottom Up, Parkir Basement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Environmental Engineering | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:32 | ||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2022 04:32 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/7313 |
Actions (login required)
View Item |