Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga 1990 dan Penanganannya pada Jalan Nasional 24 Pungging – Mojosari (STA 13 + 000 – STA 18 + 000)

Prasetya, Ari (2022) Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga 1990 dan Penanganannya pada Jalan Nasional 24 Pungging – Mojosari (STA 13 + 000 – STA 18 + 000). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text (Cover)
17035010060_Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
17035010060_Bab 1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
17035010060_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 3)
17035010060_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (746kB)
[img] Text (Bab 4)
17035010060_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 5)
17035010060_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (245kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
17035010060_Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
17035010060_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2025.

Download (3MB)

Abstract

Ruas jalan Pungging hingga Mojosari pada jalan Nasional 24 merupakan jalan utama yang dilalui oleh kendaraan bermuatan besar. Tingginya volume lalu lintas yang mengakibatkan jalan ruas jalan terbebani serta faktor lingkungan dan cuaca mengakibatkan kualitas perkerasan ruas jalan ini berkurang sehingga pada beberapa bagian ruas jalan mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kerusakan jalan serta mengetahui penanganan dan pemeliharaannya, selain itu direncanakan lapis tambah (overlay) pada segmen dengan kerusakan terparah. Metode yang akan digunakan dalam melakukan analisa kerusakan perkerasan jalan adalah metode Bina Marga 1990, lalu untuk pemeliharaan dan penanganan digunakan Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan Upr. 02.1 Tentang Pemeliharaan Rutin Perkerasan Jalan oleh DPUDJ Bina Marga, dan untuk perencanaan lapis tambah digunakan metode AASHTO 1993. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kerusakan jalan yang terjadi pada ruas jalan Nasional 24 segmen Pungging – Mojosari (STA 13 + 000 – STA 18 + 000) antara lain: kerusakan retak kulit buaya (42,07%), retak refleksi (6,48%), lubang (1,73%), retak memanjang (1,66%), retak pinggir (1,6%), retak halus (1,31%). Pada penilaian analisa kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga didapatkan nilai urutan prioritas sebesar 2,25, maka dapat diartikan bahwa jalan termasuk dalam kategori peningkatan jalan. Penanganan yang dilakukan yaitu metode P2 (pengaspalan ulang), metode P5 (penambalan), dan metode P6 (perataan). Pada perencanaan lapis tambah perkerasan jalan didapatkan dimensi setebal 1,94 inci atau sekitar 5 cm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholichin, IbnuNIDN0718097102UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Ari Prasetya
Date Deposited: 31 May 2022 03:28
Last Modified: 31 May 2022 03:28
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/6411

Actions (login required)

View Item View Item