PERENCANAAN REENGINERING TERHADAP APLIKASI PENGADUAN PELAYANAN MASYARAKAT CETTAR TERINTEGRASI DENGAN SP4N LAPOR

Darusman, Farhan Setiyo and Trenggono, Brahmantio Widyo and Tifania, Citra Liza (2022) PERENCANAAN REENGINERING TERHADAP APLIKASI PENGADUAN PELAYANAN MASYARAKAT CETTAR TERINTEGRASI DENGAN SP4N LAPOR. UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (146kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (257kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (388kB)

Abstract

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki aplikasi dengan sebutan CETTAR ( Cepat, Efektif dan Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel, serta Responsif ) yang dibangun dan dikembangkan sejak 2019 dan ditujukkan untuk menampung aduan masyarakat mengenai daerah lingkungannya khususnya Jawa Timur. Namun disisi lain, ada aplikasi sejenis dengan CETTAR yaitu SP4NLAPOR yang merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id yang dikelola oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementrian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik. Dilakukan upaya integrasi antara aplikasi CETTAR dan SP4NLAPOR agar data pada kedua aplikasi tersebut saling terintegrasi. Dalam melakukan upaya integrasi aplikasi CETTAR dengan SP4N LAPOR, diperlukan proses reengineering untuk memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pada dokumen Kepmen No 680 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Untuk melakukan reengineering aplikasi Cettar, dilakukan tahapan-tahapan sesuai SDLC Waterfall yang terdiri atas Requirement, Design, Implementation, Verification/Testing, dan Deployment.

Item Type: Other
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAGUSSALIM, AGUSSALIMNIDN0911088501UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: mr Farhan Setiyo Darusman
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:31
Last Modified: 13 Apr 2022 07:41
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5766

Actions (login required)

View Item View Item