ZAKARIA, ABI (2022) ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 PADA PERSPEKTIF PELANGGAN B.G. 8 (Studi kasus : INSTALASI SIM Rumah Sakit Haji Sukolilo Surabaya). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB2.pdf Restricted to Registered users only until 11 March 2024. Download (3MB) |
||
Text (BAB 3)
BAB3.pdf Restricted to Registered users only until 11 March 2024. Download (734kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB4.pdf Restricted to Registered users only until 11 March 2024. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
BAB5.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
Lam.pdf Restricted to Registered users only until 11 March 2024. Download (1MB) |
Abstract
Rumah Sakit Haji Surabaya merupakan Rumah Sakit umum yang memanfaatkan peranan TI dalam proses operasional organisasinya. Untuk mengetahui sejauh mana peranan teknologi informasi telah dapat merepresentasikan tujuan bisnis organisasinya perlu dilakukan evaluasi pengelolaan teknologi informasi melalui kegiatan analisis tingkat kematangan teknologi informasi yang ada di Rumah Sakit Haji Surabaya. Untuk analisis tingkat kematangan teknologi informasi di perusahaan perlu dilakukan kegiatan audit sistem informasi dengan standar COBIT 4.1. alasan memilih framework COBIT memberikan kebijakan yang jelas dan praktik yang baik dalam tata kelola TI. Analisis tingkat kematangan memfokuskan pada perspektif Pelanggan, yakni pada bussiness goal (BG) 8 tentang Mencapai optimalisasi biaya layanan dan pemetaannya sudah sesuai dengan framework COBIT 4.1, berdasarkan permasalahan yang memang terjadi di Rumah Sakit Haji yaitu belum terpenuhinya indikator dari Cost Recovery Rate(CRR). CRR merupakan sebuah indikator yang digunakan guna mengukur biaya pelayanan dengan pendapatan periodik Rumah Sakit. Kegiatan analisis tingkat kematangan menggunakan rangkaian kegiatan dari audit sistem informasi. Dari mulai menyesuaikan perspektif, penentuan narasumber menggunakan diagram RACI, penentuan nilai kepatutan sampai ke penghitungan, setelah dilakukan penghitungan sebagai pewawancara dapat memberikan masukan serta saran yang dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan atau ketidak patutan yang terjadi. Hasil analisis maturity level menggunakan audit sistem informasi dari perspektif pelanggan dengan BG 8 menyatakan bahwa Rumah Sakit Haji Surabaya memperolah nilai rata rata pada tingkat kematangannya sebesar 3.04, dimana perusahaan sudah menerapkan tata kelola IT meskipun belum secara maksimal, masih dibutuhkan banyak pembenahan seperti pembuatan anggaran yang lebih komunikatif, pembuatan SLA pada setiap layanan yang ada, dan melakukan pemilihan staff secara formal agar setiap staff dapat memahami tugas dan wewenangnya, dengan menerapkan kegiatan tersebut diharapkan Rumah Sakit Haji dapat menangani permasalahannya disaat ini yaitu tidak terpenuhinya Cost Recovery Rate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||
Depositing User: | Amalia Hani | ||||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2022 03:23 | ||||||||
Last Modified: | 11 Mar 2022 03:23 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5422 |
Actions (login required)
View Item |