AFIANTO, LUTHFI (2022) PEMETAAN RUAS JALAN ARTERI DI KABUPATEN LAMONGAN DITINJAU SEGI LINGKUNGAN DAN (STUDI KASUS : JALAN RAYA GAJAH Untuk Memenuhi Persyaratan Dalam M PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL PEMETAAN RUAS JALAN ARTERI DI KABUPATEN LAMONGAN DITINJAU SEGI LINGKUNGAN DAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : JALAN RAYA GAJAH - JALAN RAYA VETERAN). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4. BAB 1.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 15 February 2024. Download (685kB) |
||
Text (BAB 3)
6. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 15 February 2024. Download (132kB) |
||
Text (BAB 4)
7. BAB 4-merged.pdf Restricted to Registered users only until 15 February 2024. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
9. BAB 5.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 15 February 2024. Download (125kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 February 2024. Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan transportasi di Indonesia semakin meningkat baik di kota – kota besar maupun di daerah berkembang, salah satunya adalah peningkatan sarana prasarana transportasi seperti jalan. Jalan adalah suatu lintasan yang bertujuan melewatkan lalu lintas dari suatu tempat ketempat lain, sedangkan lalu lintas adalah menyangkut semua benda dan makluk hidup yang melewati jalan baik bermotor maupun tidak bermotor. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kepadatan lalu lintas dan kondisi lingkungan pada setiap segmen yang terdiri dari lebar bahu jalan, tata guna lahan dan kerusakan jalan. Dalam mengerjakan tugas akhir ini menggunakan panduan dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI 1997) dan Ofyar Z Tamin (2000), sedangkan metode untuk perhitungan indeks tingkat pelayanan ini dianalisis menggunakan pendekatan non linear. Selanjutnya, sistem informasi geografis berperan untuk memetakan kepadatan lalu lintas dan kondisi lingkungan berupa peta tematik. Studi penelitian ini dilakukan survey pada jam sibuk pagi jam 07.00 - 09.00 WIB dan sore jam 15.00 - 17.00 WIB. Hasil rekapitulasi perhitungan presentase kerusakan yang terbesar adalah 0,456 % dengan jenis kerusakan patching pada segmen 1, dikategorikan dalam kondsi buruk sehingga perlu adanya penangan serius agar tidak menimbukan kerusakan yang lebih parah. Sedangkan nilai kecepatan arus bebas untuk kecepatan arus bebas (FV) tertinggi untuk sepeda motor (MC) adalah sebesar 57,91 km/jam, untuk kendaraan ringan (LV) adalah sebesar 51,36 km/jam, dan untuk kendaraan berat (HV) adalah sebesar 46,77 km/jam. Kapasitas ruas jalan maksimum adalah 6657,72 (smp/jam) pada segmen 1. Untuk nilai derajat kejenuhan terbesar adalah 0,21 pada segmen 1 (LOS A). Hasil perhitungan indeks tingkat pelayanan untuk setiap segmen didapat dengan nilai terbesar 0,3773 pada segmen III dengan jenis tingkat pelayanan B, dimana kondisi arus stabil dengan kecepatan mulai terbatas dan volume lalu lintas sedang. Kata kunci : Kerusakan Jalan, Indeks Tingkat Pelayanan, Volume Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Regresi Non Linear, Sistem Informasi Geografis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||||||
Depositing User: | Sri Nur Azizah | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:05 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5258 |
Actions (login required)
View Item |