PEMETAAN RUAS JALAN ARTERI DI KABUPATEN SIDOARJO DITINJAU DARI TINGKAT PELAYANAN JALAN DENGAN METODE NON LINEAR (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI - JALAN RAYA SUMORAME)

RAHMAN, IRVAN (2022) PEMETAAN RUAS JALAN ARTERI DI KABUPATEN SIDOARJO DITINJAU DARI TINGKAT PELAYANAN JALAN DENGAN METODE NON LINEAR (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI - JALAN RAYA SUMORAME). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
6 Bab I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
7 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only until 10 February 2024.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
8 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only until 10 February 2024.

Download (341kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 10 February 2024.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (BAB 5)
11 Bab V.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12 Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 February 2024.

Download (2MB)

Abstract

Sebagai kota industri dan perdagangan yang berbatasan dengan Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo memiliki permasalahan kondisi arus lalu lintas yang hampir sama dengan kota besar lainnya di Indonesia. Dengan tingginya angka pergerakan ekonomi, manusia, dan barang membuat resiko kemacetan lalu lintas semakin tinggi. Kemacetan berhubungan dengan volume lalu lintas yang melintasi ruas jalan tersebut. Sehingga perlu dilakukan penelitian pada ruas jalan arteri Ahmad Yani – Raya Sumorame. Studi ini bertujuan untuk menganalisis Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) pada masing-masing ruas jalan dengan menghitung nilai kapasitas (C) dan volume lalu lintas (Q) maka didapat nilai derajat kejenuhan (DS) yang menunjukkan layak tidaknya jalan tersebut digunakan dengan efektif. Penelitian dilakukan pada jam sibuk pagi (07.00-09.00), siang hari (10.00-12.00), serta jam sibuk sore (16.00-18.00). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode regresi non linear untuk memperhitungkan Indeks Tingkat Pelayanan jalan (ITP) dengan menggunakan MKJI 1997 dan Ofyar Z Tamin 2000. Dari hasil perhitungan Derajat Kejenuhan untuk setiap segmen diperoleh dengan nilai terbesar 0,37 pada segmen I sedangkan nilai terkecil 0,18 pada segmen V, dan hasil perhitungan ITP non linear untuk setiap segmen didapat dengan nilai terbesar 0,2844 pada segmen III sedangkan nilai terkecil 0,1949 pada segmen II. Selanjutnya, Sistem Informasi Geografis (SIG) berperan untuk memetakan kondisi arus lalu lintas pada ruas Jalan Ahmad Yani – Raya Sumorame dengan menggunakan software MapWindow. Kata kunci : Indeks Tingkat Pelayanan, Volume Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Regresi Non Linear, Sistem Informasi Geografis, MapWindow.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZainab, SitiNIDN0005016013UNSPECIFIED
Thesis advisorMasliyah, MasliyahNIDN0708116701UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:07
Last Modified: 15 Feb 2022 02:07
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item