SAMBODO, DIMITRI PRIYO (2022) PERANCANGAN TRAVEL KIT PROMOSI PARIWISATA KOTA BANJARMASIN. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I (1).pdf Download (333kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 7 February 2024. Download (854kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 7 February 2024. Download (529kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 7 February 2024. Download (3MB) |
||
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 7 February 2024. Download (1MB) |
||
|
Text (PENUTUP)
1. PENUTUP.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Kepustakaan.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Kota Banjarmasin adalah kota yang memiliki ragam budaya dan pariwisata yang indah dan tidak dapat dijumpai di daerah lain, dengan didominasi oleh wilayah perairan kota ini identik dengan sungai, hal ini menjadikan beberapa ciri khas terhadap kota ini seperti arsitektur berupa rumah panggung dan kehidupan sosial masyarakatnya, hal ini dapat dijadikan sebagai keunggulan dari Kota Banjarmasin dari aspek pariwisata, namun untuk memposisikan Kota Banjarmasin menjadi tujuan pariwisata perlu adanya media promosi yang efektif dan efisien, namun Banjarmasin masih kurang memadai, maka sebuah ide mengenai perancangan media promosi diperlukan untuk lebih dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banjarmasin, diharapkan melalui kunjungan wisatawan dapat mendukung pendapatan daerah dan juga dari sisi ekonomi masyarakat Banjarmasin. Metodologi yang diterapkan dalam perancangan ini yaitu melalui kuesioner potensi dan AIO, wawancara, dan observasi langsung untuk menemukan data terkait potensi Banjarmasin, sehingga visual yang dirancang nantinya akan representatif. Analisa data dalam perancangan ini menggunakan metode SWOT/TOWS dan 5W + 1H. Setelah melaui metode penelitian dan analisa ditemukan konsep verbal “Beauty of Heritage” yang dijadikan sebagai acuan dalam merancang visual nantinya, dan menurut hasil analisa media yang efektif dalam perancangan ini adalah travel kit dimana dengan konsep media promosi ini dapat mengakomodir kebutuhan dari target audiens untuk dapat berwisata ke Banjarmasin dengan satu set kemasan yang berisi media informasi terkait pariwisata Banjarmasin sehingga wisatawan akan dimudahkan. Selanjutnya media promosi travel kit yang berisikan media utama yaitu Travel Handbook, Kamus Bahasa Banjar, dan Travel Road Map ini dipublikasikan dalam pameran pariwisata nasional maupun internasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Banjarmasin, diharapkan dengan travel kit ini dapat menarik minat wisatawan sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat Banjarmasin. Kata Kunci: Kota Banjarmasin, Pariwisata, Promosi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||||||
Depositing User: | Sri Nur Azizah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2022 01:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2022 01:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5116 |
Actions (login required)
View Item |