DEVY, LISTIA (2022) ANALISIS SIKAP PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK IKAN KALENG DI KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (272kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (183kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (324kB) |
||
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2024. Download (454kB) |
Abstract
Bahan makanan merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang kehidupan manusia. Semakin berkembangnya industri pangan menyebabkan banyak produksi makanan yang serba praktis, ekonomis, menarik serta tahan lama misalnya makanan yang dikemas dalam kaleng, hal ini menyebabkan banyak konsumen tertarik untuk mengkonsumsinya sehingga produksi makanan kaleng semakin meningkat. Bahan pangan yang dikemas dalam kalengan misalnya buah kaleng, ikan kaleng, cornet kaleng dan sosis kaleng. Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini ialah bagaimanakah karakteristik konsumen dalam mempertimbangkan merek produk dan atributatribut pada produk Ikan Kaleng yang dibeli, selanjutnya apakah atribut produk Ikan kaleng yang telah memenuhi sikap angka ideal yang diharapkan, kemudian bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk ikan kaleng. Tujuan penelitian ini antara lain sebagai berikut : (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen dalam mempertimbangkan merek produk dan atribut-atribut produk Ikan Kaleng yang dibeli (2) Menganalisis Sikap Angka Ideal konsumen terhadap atribut-atribut Produk Ikan Kaleng (3) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadapproduk ikan kaleng. Penelitian ini dilakukan di kecamatan Rungkut Kota Surabaya wilayah timur, Provinsi Jawa Timur. Dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling (secara sengaja) yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas kriteria atau pertimbangan tertentu, sesuai tujuan penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari para konsumen yang biasa membeli produk ikan kaleng. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dengan bantuan tabulasi deskriptif, metode Ideal Point Model Analysis, dan Customer Satisfaction Index (CSI). Pengolahan data menggunakan analysis software Microsoft Office Excel 2007 dan program SPSS for Windows Versi 23. Atribut yang ideal menurut konsumen meliputi atribut Harga, Kejelasan Tanggal Kadaluarsa, Kondisi Kaleng Merek, Kandungan Gizi, Ukuran Saji, Varean Rasa,serta Izin Depkes dan MUI karena diperoleh hasil bahwa rata-rata Kesenjangan atau gapnya tidak lebih dari 1 yang berarti bahwa atrbut-atribut Produk Ikan Kaleng sudah mendekati ideal atau sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Atribut yang hasilnya belum ideal yaitu atribut desain kemasan dan komposisi karena terdapat kesenjangan atau gap lebih dari 1. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) adalah sebesar 0,674 atau 67,4% yang termasuk pada kriteria tingkat kepuasan pada rentang skala 0,66-0,80 persen berarti konsumen merasa puas dalam membeli produk ikan kaleng tersebut. Kata Kunci : Ikan kaleng, Sikap Angka Ideal, CSI (Customer Statisfication Index)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness | ||||||||
Depositing User: | Lisa Nadya Irawan | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2022 02:44 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2022 02:44 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5043 |
Actions (login required)
View Item |