PRIYANTO, NANANG (2022) ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA DI WILAYAH SURABAYA UTARA DITINJAU DARI BEBAN KENDARAAN (STUDI KASUS JALAN KALIANAK - JALAN TAMBAK OSOWILANGUN). Undergraduate thesis, UPN VETERAN JATIM.
|
Text (COVER)
COVER dan ABSTRAK-merged.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2024. Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2024. Download (115kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2024. Download (1MB) |
||
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 1-merged.pdf Restricted to Registered users only until 3 February 2024. Download (1MB) |
Abstract
Jalan Kalianak – jalan Osowilangun merupakan jalan yang strategis karena jalan ini yang menghubungkan Surabaya dan Gresik. Tingkat kerusakan di jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun sangat tinggi dikarenakan banyak kendaraan berat yang melintas di jalan tersebut. Macam-macam kerusakan yang terjadi adalah kerusakan yang disebabkan kendaraan berat, kepadatan volume kendaraan yang melintas dengan kerusakan yang ada di sepanjang jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun, kontribusi kendaraan berat yang melintas. Dalam tugas akhir ini membahas cara survei kerusakan jalan dengan menggunakan metode Bina Marga. Hasil survei kondisi jalan pada tahap I dan survei tahap II dengan menggunakan metode Bina Marga diperoleh kerusakan jenis retak merupakan jenis kerusakan yang terbanyak pada jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun STA 0+000 – STA 9+000 yaitu sebesar 23.52%, jenis retak kulit buaya (Alligator Crack) adalah jenis retak yang paling dominan yang terjadi di ruas jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilagun. Jenis kerusakan terkecil pada jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilagun STA 0+000 – STA 9+000 adalah jenis kerusakan pengelupasan (Ravelling) dengan persentase sebesar 2.83%. Dari nilai EAL pada jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun STA 0+000 – STA 9+000, Jenis kendaraan yang sangat mempengaruhi kerusakan jalan adalah jenis kendaraan truk trailer dengan nilai persentase 83.986% yang tejadi di segmen 2. Hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan dengan hasil uji Sig. (2-tailed) sebesar 0,046 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau Ho, artinya beban kendaraan berpengaruh terhadap kerusakan jalan yang terjadi di sepanjang jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun. Sedangkan hasil uji statistik Paired T-Test menunjukkan dengan hasil uji Sig. (2-tailed) sebesar 0,033 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau Ho diterima, artinya ada perbedaan kerusakan jalan sebelum dan sesudah dilewati beban kendaraan selama 45 hari yang terjadi di sepanjang jalan Kalianak – jalan Tambak Osowilangun. Kata kunci : kerusakan jalan, beban kendaraan, metode bina marga, EAL (Equivalent Axle Load), statistik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||||||
Depositing User: | Sri Nur Azizah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2022 01:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2022 01:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/5032 |
Actions (login required)
View Item |