BISNIS RITEL PADA MASA PASCA PANDEMI

Andriani, Dewi (2022) BISNIS RITEL PADA MASA PASCA PANDEMI. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan, 17 (1). ISSN 2086-7565

[img]
Preview
Text
Dewi_Andriani.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Kehadiran bisnis ritel modern skala menengah berbentuk minimarket cukup populer di wilayah Kabupaten Banyumas khususnya Kota Purwokerto. Berdasarkan tinjauan pustaka, kehadiran minimarket berpengaruh negatif terhadap jumlah kunjungan konsumen, pendapatan, serta omzet bisnis ritel skala kecil tradisional seperti toko kelontong, kios, ataupun warung pengecer. Data Dinas Perdagangan Kabupaten Banyumas menunjukkan terdapat sekitar 150 UMKM dengan termasuk di dalamnya pelaku usaha ritel skala kecil yang menjadi potensi usaha bisnis ritel skala kecil tradisional. Dengan demikian kehadiran minimarket menjadi tantangan alami bagi usaha ritel skala kecil di Kota Purwokerto yang cukup banyak. Tidak hanya faktor kehadiran minimarket, masa pandemi juga menjadi tantangan bagi eksistensi toko kelontong, kios, serta warung pengecer di Kota Purwokerto. Berbagai macam strategi telah dilakukan, namun belum ada evaluasi terhadap strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer di Kota Purwokerto. Menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta pembagian kuisioner, peneliti ingin melakukan kajian tentang evaluasi strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer selama masa pandemi di Kota Purwokerto.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Journal > Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Fatchullah Fatchullah
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:44
Last Modified: 02 Feb 2022 03:44
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4973

Actions (login required)

View Item View Item