Praktik Komodifikasi Khalayak Terhadap Pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik (Studi Kasus LKBN ANTARA Biro Jatim)

Malik, Abdul (2025) Praktik Komodifikasi Khalayak Terhadap Pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik (Studi Kasus LKBN ANTARA Biro Jatim). Masters thesis, UPN VETERAN JATIM.

[img] Text (COVER)
0123067020010-cover.pdf

Download (18MB)
[img] Text (BAB I)
23067020010-bab1.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB II)
23067020010-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 December 2028.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
23067020010-bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2028.

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
23067020010-bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2028.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
23067020010-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
23067020010-daftarpusataka.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
23067020010-lampiran.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah praktik komodifikasi khalayak dan negosiasi Kode Etik Jurnalistik di LKBN ANTARA Biro Jawa Timur. Komodifikasi khalayak dipahami sebagai transformasi perhatian, data dan interaksi audiens menjadi nilai tukar. Audiens diposisikan sebagai komoditas yang dapat dimonetisasi kepada pengiklan dan mitra komersial. Studi ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kode Etik Jurnalistik dan praktik komodifikasi di lingkungan redaksi LKBN ANTARA Biro Jatim. Penelitian ini menggunakan metode etnografi yang mencakup observasi partisipatif di ruang redaksi, wawancara mendalam dengan pewarta, editor dan manajemen, serta analisis dokumen internal. Temuan menunjukkan bermacam manifestasi komodifikasi: pengumpulan dan pemanfaatan data pengunjung, strategi konten yang didorong metrik keterlibatan, dan upaya mengemas berita sebagai produk komersial sambil memenuhi target produksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kode etik jurnalistik berfungsi tidak hanya sebagai norma etis, tetapi juga sebagai kerangka negosiasi praktis yang memungkinkan manejemen redaksi mengelola tekanan komersialisasi tanpa sepenuhnya mengorbankan komitmen profesional. Kontribusi studi ini terletak pada penggabungan perspektif ekonomi-politik media dan etnografi newsroom untuk memperkaya pemahaman tentang kerja etis dan batas-batas profesional di jurnalistik digital Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahmawati, AuliaNIDN 0727078201UNSPECIFIED
Thesis advisorUtomo, Ario BimoNIDN 0003089301UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Mr Abdul Malik Ibrahim
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:21
Last Modified: 12 Dec 2025 02:21
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/48340

Actions (login required)

View Item View Item