Waninghiyun, Vidya Hangialevi (2025) PENGARUH FINANCIAL THECNOLOGY, FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL ATTITUDE TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR DIMODERASI PEER INFLUENCE PADA GEN Z (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri di Surabaya). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
21013010044_Cover.pdf Download (711kB) |
|
|
Text (Bab 1)
21013010044_Bab 1.pdf Download (181kB) |
|
|
Text (Bab 2)
21013010044_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 8 December 2028. Download (295kB) |
|
|
Text (Bab 3)
21013010044_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 8 December 2028. Download (1MB) |
|
|
Text (Bab 4)
21013010044_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 8 December 2028. Download (348kB) |
|
|
Text (Bab 5)
21013010044_Bab 5.pdf Download (169kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
21013010044_Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) |
|
|
Text (Lampiran)
21013010044_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 8 December 2028. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financial Technology, Financial Literacy, dan Financial Attitude terhadap Financial Behavior dengan Peer Influence sebagai variabel moderasi pada Generasi Z. Objek penelitian difokuskan pada mahasiswa Program Studi Akuntansi di beberapa universitas negeri di Surabaya sebagai representasi dari kelompok generasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financial Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Behavior, sedangkan Financial Technology dan Financial Literacy tidak berpengaruh signifikan terhadap Financial Behavior. Selain itu, hasil pengujian moderasi menunjukkan bahwa Peer Influence tidak mampu memoderasi hubungan antara Financial Technology, Financial Literacy, maupun Financial Attitude terhadap Financial Behavior. Temuan ini menunjukkan bahwa perilaku keuangan mahasiswa Gen Z lebih dipengaruhi oleh sikap keuangan internal dibandingkan oleh pemanfaatan teknologi, tingkat literasi, maupun pengaruh lingkungan sosial. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan dan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan pribadi. Kata Kunci : Financial Technology, Financial Literacy, Financial Attitude, Financial Behavior, Peer Influence, Gen Z
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economics H Social Sciences > HG Finance |
||||||||
| Divisions: | Faculty of Economic and Business > Departement of Accounting | ||||||||
| Depositing User: | Mahasiswa Vidya Hangialevi | ||||||||
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:10 | ||||||||
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:10 | ||||||||
| URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/48275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
