Tulungagung Creative Hub dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku

Nurani, Nisrina Dyah Ayu (2025) Tulungagung Creative Hub dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (COVER)
21051010052 - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
21051010052 - BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text (BAB II)
21051010052 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2028.

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
21051010052 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2028.

Download (624kB)
[img] Text (BAB IV)
21051010052 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2028.

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
21051010052 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2027.

Download (782kB)
[img] Text (BAB VI)
21051010052 - BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2027.

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21051010052 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21051010052 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2027.

Download (10MB)
[img] Text (POSTER)
21051010052 - POSTER.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2027.

Download (14MB)

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan suatu kegiatan ekonomi yang mampu menghasilkan nilai tambah berdasarkan ide, inovasi, maupun proses kreatif dari para pelaku kreatif guna menciptakan kesejahteraan masyarakat dan lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Ekonomi kreatif telah konsisten menjadi pendongkrak perekonomian Indonesia sejak tahun 2006 hingga saat ini terjadi pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Begitupula pada Kabupaten Tulungagung, dimana ekonomi kreatif menjadi kontributor terhadap PDB daerah dengan persentase terbesar terdapat pada 4 subsektor unggulan, yaitu subsektor kuliner, fesyen, kriya, dan seni pertunjukan. Dalam rangka mengoptimalkan ekonomi kreatif, pihak pemerintah dan pelaku kreatif telah berupaya mengembangkan produk-produk kreatif, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaku kreatif, dan sebagainya. Namun, terdapat kendala-kendala seperti kurangnya daya tarik industri di kalangan masyarakat dan tidak adanya fasilitas yang dapat menampung kegiatan ekonomi kreatif sekaligus dapat menghimpun produk-produk kreatif. Menanggapi fenomena tersebut, maka suatu creative hub diperlukan dalam mewadahi kegiatan dan produk kreatif Kabupaten Tulungagung. Tulungagung Creative Hub dirancang sebagai wadah yang menyatukan individu dan komunitas kreatif untuk berinteraksi, berkolaborasi, berkarya, serta memamerkan produk kreatif. Rancangan ini mengusung tema “Creativity in Unity of Space”, yang bermakna kesatuan ruang kreatif yang terpadu, baik secara fungsi maupun hubungan antar-pengguna dan lingkungannya. Tema tersebut diwujudkan melalui pendekatan arsitektur perilaku yang berfokus pada kenyamanan, produktivitas, kebutuhan pengguna, dan pola perilakunya di dalam ruang kreatif. Selain itu, perancangan Tulungagung Creative Hub menggunakan metode rancang arsitektur kontekstual agar bangunan dapat selaras dengan karakter tapak, kondisi fisik dan sosial budaya setempat, serta citra khas Tulungagung. Tulungagung Creative Hub diharapkan dapat menjadi fasilitas publik yang fungsional, adaptif, dan representatif sebagai ruang kreatif terpadu yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif daerah. Kata Kunci: Arsitektur Perilaku, Creative Hub, Ekonomi Kreatif, Tulungagung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAgustin, DyanNIPPPK19770817 202121 2004dyanagustin.ar@upnjatim.ac.id
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Architecture
Depositing User: Nisrina Dyah Ayu Nurani
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:06
Last Modified: 08 Dec 2025 07:16
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/48192

Actions (login required)

View Item View Item