Islamyi, Fiya Wardhatul (2025) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penggunaan Mobile Banking sebagai Alat Transaksi dan Pencatatan Keuangan Studi pada Mahasiswa Akuntansi di 3 Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (Cover)
21013010066.-cover.pdf Download (970kB) |
|
|
Text (Bab 1)
21013010066.-bab 1.pdf Download (452kB) |
|
|
Text (Bab 2)
21013010066.-bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 2 December 2028. Download (542kB) |
|
|
Text (Bab 3)
21013010066.-bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 2 December 2028. Download (400kB) |
|
|
Text (Bab 4)
21013010066.-bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 2 December 2028. Download (630kB) |
|
|
Text (Bab 5)
21013010066.-bab 5.pdf Download (248kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
21013010066.-daftar pustaka.pdf Download (271kB) |
|
|
Text (Lampiran)
21013010066.-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 2 December 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan niat penggunaan mobile banking dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Faktor-faktor yang dimaksud adalah persepsi risiko, persepsi kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, pengaruh sosial, dan kualitas layanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan S1 Akuntansi di 3 Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 141 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu SEM-PLS menggunakan software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan persepsi keamanan berpengaruh terhadap sikap dalam penggunaan mobile banking. Akan tetapi, persepsi risiko, persepsi kepercayaan, pengaruh sosial, dan kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap dalam penggunaan mobile banking. Persepsi keamanan berpengaruh terhadap persepsi kepercayaan. Akan tetapi, persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap persepsi kepercayaan. Selain itu, sikap dalam penggunaan mobile banking berpengaruh terhadap niat penggunaan layanan mobile banking. Kata Kunci: TAM, UTAUT, mobile banking.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1501-3550 Banking H Social Sciences > HG Finance > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping |
||||||||
| Divisions: | Faculty of Economic and Business > Departement of Accounting | ||||||||
| Depositing User: | Fiya Wardhatul Islamyi | ||||||||
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 05:05 | ||||||||
| Last Modified: | 03 Dec 2025 05:05 | ||||||||
| URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/47462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
