Ranu Agustri, putra (2025) analisis numerik aliran fluida pada pipa hdpe dengan pendekatan dynamic similarity. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
21036010070-COVER..pdf Download (7MB) |
|
|
Text (BAB 1)
21036010070-Bab 1.pdf Download (310kB) |
|
|
Text (BAB 2)
21036010070-Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 28 November 2028. Download (605kB) |
|
|
Text (BAB 3)
21036010070-Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 28 November 2028. Download (471kB) |
|
|
Text (BAB 4)
21036010070-Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 28 November 2028. Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 5)
21036010070-Bab 5.pdf Download (289kB) |
|
|
Text (daftar pustaka)
21036010070-Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) |
|
|
Text (lampiran)
21036010070-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 1 December 2028. Download (1MB) |
Abstract
Analisis aliran fluida pada pipa merupakan aspek penting dalam perancangan dan optimasi sistem perpipaan, khususnya pada pipa High Density Polyethylene (HDPE) yang banyak digunakan karena sifatnya yang fleksibel, ringan, dan memiliki kekasaran permukaan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik aliran fluida pada pipa HDPE dengan pendekatan dynamic similarity melalui simulasi numerik berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD). Pendekatan ini digunakan untuk menjaga kesetaraan parameter nondimensional, terutama bilangan Reynolds, sehingga model berskala mampu merepresentasikan kondisi prototipe secara akurat. Simulasi dilakukan menggunakan ANSYS Fluent 2023 R2 dengan variasi kecepatan inlet 0,5 m/s, 1 m/s, 2 m/s, dan 3 m/s, serta penggunaan tiga model turbulen meliputi k-ε, k-ω, dan Reynolds Stress Model (RSM). Proses penelitian meliputi pemodelan geometri, pembuatan mesh, grid independence test, serta analisis kontur distribusi kecepatan dan tekanan, sementara validasi dilakukan dengan membandingkan hasil simulasi terhadap profil teoritis power-law. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSM memberikan akurasi terbaik dengan RMSE sebesar 1,7%, diikuti k-ε sebesar 3,0% dan k-ω sebesar 3,6%. Peningkatan kecepatan inlet menghasilkan intensitas turbulensi yang lebih tinggi serta peningkatan pressure drop sepanjang pipa. Pendekatan dynamic similarity terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi analisis dengan kesalahan prediksi aliran kurang dari 5%, sehingga metode ini layak digunakan untuk desain serta evaluasi sistem perpipaan HDPE di berbagai aplikasi industri.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery | ||||||||
| Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Mechanical Engineering | ||||||||
| Depositing User: | ranu agustri putra | ||||||||
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 03:32 | ||||||||
| Last Modified: | 03 Dec 2025 05:41 | ||||||||
| URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/47162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
