PEMBERDAYAAN UMKM KUTISARI MELALUI REBRANDING, DIGITAL MARKETING, DAN PEMBUKUAN DIGITAL

Jasmine, Kanessa and Wibawa, Raka and Najla, Zhaira and Dewi, Anindya and Fara, Dewi PEMBERDAYAAN UMKM KUTISARI MELALUI REBRANDING, DIGITAL MARKETING, DAN PEMBUKUAN DIGITAL. ABIDUMASY. (In Press)

[img] Text
Article Zhaira.pdf

Download (445kB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dari KKN 72 UPN Veteran Jawa Timur bertujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Kutisari, Surabaya, yang menghadapi tantangan dalam hal logo, jangkauan pemasaran, dan manajemen keuangan. Program ini dilaksanakan secara partisipatif melalui identifikasi masalah spesifik pada setiap UMKM, dilanjutkan dengan pendampingan. Intervensi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha, mencakup tiga fokus utama: rebranding melalui pembuatan logo dan desain kemasan baru, pelatihan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar, dan digitalisasi pembukuan menggunakan aplikasi posSaku. Sebagian besar mitra UMKM berhasil mengimplementasikan perubahan tersebut dan menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan usaha. Program ini memberikan solusi praktis yang dapat meningkatkan daya saing UMKM di era digital, serta menunjukkan pentingnya pendekatan berbasis kebutuhan dalam pengembangan kapasitas pelaku usaha lokal.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Zhaira Najla Salsabila Putri
Date Deposited: 08 Oct 2025 02:52
Last Modified: 08 Oct 2025 02:52
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/45386

Actions (login required)

View Item View Item