Jasmine, Kanessa and Wibawa, Raka and Najla, Zhaira and Dewi, Anindya and Fara, Dewi PEMBERDAYAAN UMKM KUTISARI MELALUI REBRANDING, DIGITAL MARKETING, DAN PEMBUKUAN DIGITAL. ABIDUMASY. (In Press)
![]() |
Text
Article Zhaira.pdf Download (445kB) |
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat dari KKN 72 UPN Veteran Jawa Timur bertujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Kutisari, Surabaya, yang menghadapi tantangan dalam hal logo, jangkauan pemasaran, dan manajemen keuangan. Program ini dilaksanakan secara partisipatif melalui identifikasi masalah spesifik pada setiap UMKM, dilanjutkan dengan pendampingan. Intervensi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha, mencakup tiga fokus utama: rebranding melalui pembuatan logo dan desain kemasan baru, pelatihan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar, dan digitalisasi pembukuan menggunakan aplikasi posSaku. Sebagian besar mitra UMKM berhasil mengimplementasikan perubahan tersebut dan menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan usaha. Program ini memberikan solusi praktis yang dapat meningkatkan daya saing UMKM di era digital, serta menunjukkan pentingnya pendekatan berbasis kebutuhan dalam pengembangan kapasitas pelaku usaha lokal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economics |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations |
Depositing User: | Zhaira Najla Salsabila Putri |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:52 |
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/45386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |