SUBRATA, MOCHAMMAD DANI (2022) EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA DI LEMBAGA PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 19 January 2024. Download (390kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 19 January 2024. Download (323kB) |
||
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 19 January 2024. Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas dan hambatan penyelesaian sengketa di lembaga penyelesaian sengketa konsumen di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu penelitian yang berupa studi-studi empiris untuk menemukan teori-teori mengenai proses terjadinya dan mengenal proses bekerjanya dan efektifitas hukum di masyarakat. Sumber data diperoleh dari literatur, perundang-undangan yang berlaku dan wawancara kepada pihak terkait yaitu pihak Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen serta Responden Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terhadap data primer dan data sekunder. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyelesaian sengketa di lembaga penyelesaian sengketa konsumen di kota Surabaya sangat efektif. Hal ini terbukti dari dari data laporan kegiatan advokasi pengaduan konsumen pada tahun 2018 dari total 257 pengaduan, 168 pengaduan terselesaikan secara Non Litigasi baik konsultasi, mediasi, konsiliasi, arbitrase, 1 pengaduan yang mewakili 80 konsumen yang sama naik Litigasi, 2 pengaduan di cabut serta 6 pengaduan membuat pengaduan ulang. Penyelesaian sengketa di lembaga penyelesaian sengketa konsumen surabaya sudah efektif dalam menjalankan tugas dan wewenang sesuai PP No. 59 tahun 2001 tentang tugas LPKSM dan SK. Menperindag Nomor350/MPP/Kep/12/2001 Tentang Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang BPSK. Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya lembaga penyelesaian sengketa menghadapi hambatan, untuk mengatasi hambatan yang terjadi lembaga penyelesaian sengeta melakukan upaya sebagai solusi dalam mengatasi hambatan dalam penyelesaian sengketa agar tetap berjalan. Kata Kunci : Konsumen, Pelaku usaha, Penyelesaian sengketa, YLPK, BPSK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Depositing User: | Sri Nur Azizah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2022 02:29 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2022 02:29 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4538 |
Actions (login required)
View Item |