PERAN TRUST MEMEDIASI PERSONAL SELLING DAN CUSTOMER EXPERIENCE DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN MENABUNG DI BPR SYARIAH (Studi pada BPRS Baiturridha Pusaka Bandung)

Hindun, Khiftiah (2025) PERAN TRUST MEMEDIASI PERSONAL SELLING DAN CUSTOMER EXPERIENCE DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN MENABUNG DI BPR SYARIAH (Studi pada BPRS Baiturridha Pusaka Bandung). Masters thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
Cover Tesis Kiftiah...pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Tesis Kiftiah.pdf

Download (268kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2 Tesis Kiftiah.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (508kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 Tesis Kiftiah.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (370kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4 Tesis Kiftiah.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (750kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 Tesis Kiftiah.pdf

Download (191kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Tesis Kiftiah.pdf

Download (229kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran Tesis Kiftiah.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun kepercayaan nasabah dalam mendorong minat dan keputusan nasabah untuk menabung secara reguler di BPR Syariah, khususnya melalui penguatan strategi komunikasi pemasaran personal selling dan pengalaman layanan yang positif. Teori utama yang melandasi penelitian ini adalah Theory Planned Behaviour (TPB). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh personal selling terhadap keputusan menabung, (2) pengaruh customer experience terhadap keputusan menabung, (3) mengetahui apakah trust memediasi hubungan antara personal selling terhadap keputusan menabung, (4) mengetahui apakah trust memediasi hubungan antara customer experience terhadap keputusan menabung pada BPRS Baiturridha Pusaka-Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM–PLS). Sampel terdiri dari 120 responden nasabah aktif BPRS Baiturridha Pusaka-Bandung yang dipilih dengan teknik probability sampling melalui pendekatan simple random sampling, dimana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan software Smart PLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Personal Selling tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung (2) Customer Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menabung (3) Trust tidak terbukti secara signifikan memediasi hubungan personal selling terhadap keputusan menabung (4) Trust terbukti memediasi secara signifikan hubungan antara customer experience dan keputusan menabung.Temuan ini menegaskan bahwa dalam konteks BPR Syariah, pengalaman positif nasabah menjadi faktor utama pembentuk kepercayaan dan pendorong perilaku menabung. Kata kunci: personal selling, customer experience, trust, keputusan menabung, SEM-PLS

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnwar, MuhadjirNIP.19650907/199103100muhadjira.ma@upnjatim.ac.id
Thesis advisorPurwanto, SugengNIP196801081989031001sugengpurwanto.mnj@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic and Business > Magister Management
Depositing User: Abdul Rusy
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:08
Last Modified: 23 Sep 2025 08:08
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/44556

Actions (login required)

View Item View Item