IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YANG MEMILIKI CACAT TERSEMBUNYI ( Studi Kasus Di CV. Yamaha Bahagia Putra Motor Surabaya )

CHAMBALI, DEZAN RAHMANUS SIDQI (2022) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YANG MEMILIKI CACAT TERSEMBUNYI ( Studi Kasus Di CV. Yamaha Bahagia Putra Motor Surabaya ). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2024.

Download (225kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2024.

Download (169kB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang tanggung jawab penjual kepada konsumen apabila ada cacat tersembunyi. Tanggung jawab adalah keadaan dimana pelaku usaha wajib menanggung segala sesuatunya, kesadaran pelaku usaha akan pertanggung jawaban pada jual beli sepeda motor apabila ada cacat tersembunyi yang disengaja diketahui maupun yang tidak diketahui. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban pelaku usaha kepada konsumen. Jual beli adalah suatu perjanjian, dengan mana pihak yang satu mengakibatkan dirinya untuk menyerahkan suatu kebendaan, dan pihak yang lain untuk membayar harga yang telah dijanjikan. Hingga saat ini topik jual beli dengan adanya cacat tersembunyi masih laku diteliti di Indonesia, disamping itu hak-hak konsumen yang dirugikan sulit untuk diperjuangkan karena kurangnya pengetahuan konsumen tentang berlakunya syarat ganti rugi apabila dalam pembelian sepeda motor terdapat cacat tersembunyi. Dalam upaya mengetahui tanggung jawab penjual terhadap konsumen dalam perjanjian jual beli sepeda motor baru apabila ada cacat tersembunyi di CV.Yamaha Bahagia Putra Motor Surabaya. Maka penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, mengkaji dan menganalisa permasalahan yang ditetapkan secara empiris. Berdasarkan penelitian di CV.Yamaha Bahagia Putra Motor Surabaya pada tahun 2014 sampai 2017 ada sebanyak 5 orang konsumen yang melaporkan kerusakan pada motornya akibat cacat tersembunyi yang terdapat pada sepeda motor tersebut. Berdasarkan hasil penelitian penulis, apabila ada cacat tersembunyi yang terdapat pada sepeda motor. Kata Kunci : Tanggung Jawab Penjual, Konsumen, Perjanjian Jual Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorINDAWATI, YANANIDN0726017903UNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 19 Jan 2022 00:55
Last Modified: 19 Jan 2022 00:55
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4441

Actions (login required)

View Item View Item