PELAKSANAAN PEMBERIAN GANTI RUGI TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA GOPAY ATAS WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH PENGEMUDI GOJEK

Kalbuhardi, Lintang (2019) PELAKSANAAN PEMBERIAN GANTI RUGI TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA GOPAY ATAS WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH PENGEMUDI GOJEK. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (COVER)
HALAMAN DEPAN, ABSTRAK, dll.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2024.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2024.

Download (527kB)
[img]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 January 2024.

Download (791kB)

Abstract

Permasalahan utama dalam skripsi ini adalah pelaksanaan pemberian ganti rugi terhadap konsumen pengguna Gopay atas wanprestasi yang dilakukan oleh pengemudi Gojek. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberian ganti rugi di PT Gojek Indonesia terhadap konsumen akibat wanprestasi yang dilakukan oleh pengemudi Gojek dan mengetahui kendala PT Gojek Indonesia dalam pemberian ganti rugi terhadap konsumen pengguna Gopay. Metode penulisan ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu pendekatan dengan melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Pendekatan sosiologis hukum merupakan pendekatan yang digunakan untuk melihat aspek-aspek hukum dalam melihat interaksi sosial di dalam masyarakat, dan berfungsi sebagai penunjang untuk mengidentifikasi dan mengklaifikasi temuan bahan non hukum bagi keperluan penelitian atau penulisan hukum. Kerugian yang dialami konsumen karena tindakan wanprestasi yang dilakukan melalui sistem berbasis aplikasi online dapat dimintakan ganti ruginya sesuai dengan Pasal 19 Ayat (1) Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang menyatakan bahwa, “pelaku usaha bertanggungjawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan.” meskipun belum ada peraturan yang secara khusus mengatur mengenai transportasi online di Indonesia. Pelaksanaan pemberian ganti rugi di PT Gojek Indonesia terhadap konsumen akibat wanprestasi yang dilakukan oleh pengemudi Gojek, dimana pihak Gojek menyerahkan sepenuhnya penyelesaian sengketa kepada pihak konsumen dan pengemudi. Meski demikian banyak pula konsumen yang melaporkan dan complain terhadap tindakan pengemudi yang wanprestasi dari aplikasi layanan Gopay. Bentuk pertanggungjawaban hukum yang PT Gojek Indonesia. Kata Kunci : Wanprestasi dan perlindungan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyudi, EkoNIDNUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Departement of Law
Depositing User: Sri Nur Azizah
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:13
Last Modified: 18 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item