PRADINA PUTRI, AINAYA (2022) PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Pengguna Media Sosial Tiktok dalam Melakukan Public Display of Affection). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 17 January 2024. Download (657kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
Abstract
AINAYA PRADINA PUTRI, PUBLIC DISPLAY OF AFFECTION PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Pengguna Media Sosial Tiktok dalam Melakukan Public Display of Affection). Masyarakat Indonesia khususnya para remaja sudah semakin akrab dengan perilaku pacaran. Bahkan, saat ini mereka tidak ragu untuk menunjukkan kemesraan atau romantisme mereka di media sosial seperti Tiktok. Romantisme ditunjukkan dalam konten video yang dibuat dan disebarkan secara publik dimana siapa saja dapat dapat mengakses video tersebut termasuk remaja bahkan anak-anak. Sementara catatan kekerasan di Indonesia memiliki persentase yang tinggi akibat perilaku pacaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan motivasi remaja melakukan public display of affection di media sosial Tiktok menggunakan teori kebutuhan dan motivasi dari Clayton Alderfer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap empat informan yang telah peneliti tentukan. Hasil penelitian menunjukkan informan melakukan PDA di Tiktok untuk memenuhi kebutuhan akan hubungan (relatedness’s needs) yaitu mendapat penerimaan positif dari pengguna Tiktok lainnya dan penerimaan positif dari orang-orang disekitar informan seperti keluarga dan teman-teman. Selain itu, informan juga berhasil memenuhi kebutuhan akan keberadaan (existence’s needs) yaitu mendapatkan penghasilan dari tawaran endorsement produk, menghilangkan rasa takut akan kehadiran orang ketiga dalam hubungan informan serta menghilangkan rasa takut pasangan tidak mau mengakui atau merasa malu memiliki pacar seperti diri informan, dan kebutuhan akan pertumbuhan (growth’s needs) yaitu keinginan informan untuk terus belajar dan mengembangkan kreativitas dan ide-ide untuk dituangkan dalam konten-konten informan. Kata Kunci: Motivasi, Public Display of Affection, Tiktok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Ainaya Pradina Putri | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:28 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:28 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4289 |
Actions (login required)
View Item |