IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN UMKM DI KELURAHAN BULAK, SURABAYA

Izaroh, Shoqibatul and Oktaviana, Eka Putri and Manabung, Nathania Aurell and Kamilah, Nurisma Bintang and Effendi, Abdul Aziz Mahmoud and Salmarana, Nabila (2025) IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN UMKM DI KELURAHAN BULAK, SURABAYA. IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN UMKM DI KELURAHAN BULAK, SURABAYA, - (-). ISSN - (Submitted)

[img] Text (Jurnal KKN 39)
JURNAL KKN 39.pdf

Download (728kB)

Abstract

Keberhasilan UMKM dalam memasarkan sebuah produk ditentukan oleh penerapan branding yang efektif. Hal ini dikarenakan branding yang kuat dapat membangun persepsi suatu merek produk di kalangan konsumen, misalnya dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang. Akan tetapi, para pelaku UMKM masih kurang memahami pentingnya dan strategi branding tersebut. Di Kelurahan Bulak, para pelaku UMKM masih kurang memiliki pemahaman tentang strategi branding, kreativitas identitas produk yang minim, serta keterbatasan dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Sebagai solusi nyata, sebuah program branding terintegrasi telah dilaksanakan di Kelurahan Bulak. Program ini mencakup sosialisasi Branding- Marketing UMKM, sesi Bedah Menu, dan pendampingan berkelanjutan. Program ini bertujuan menganalisis efektivitas program tersebut terhadap peningkatan kinerja UMKM. kegiatan ini menggunakan metode campuran untuk nengumpulkan data. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung terhadap kegiatan serta pengisian formulir (kuesioner) untuk mendapatkan data kuantitatif mengenai persepsi dan kinerja. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program sosialisasi branding secara signifikan meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya branding. Sementara itu, program pendampingan memberikan dampak positif yang substansial terhadap kinerja UMKM, baik dari sisi kreativitas identitas produk maupun pemanfaatan media promosi. Kata kunci: Branding UMKM, Efektivitas, Kelurahan Bulak, Sosialisasi

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlawi, MuammarNIP198710102025061001UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Journal
Depositing User: Nabila Salmarana
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:48
Last Modified: 15 Sep 2025 03:48
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/42620

Actions (login required)

View Item View Item