NAFTALIA, HANA CRISELLI (2025) Analisis Kemampuan Vegetasi Pada Jalur Hijau Dalam Menyerap Emisi Karbon Dari Kendaraan Bermotor (Studi kasus : Jl. Dr. Ir. H. Soekarno IIC, Surabaya). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
21034010030_COVER.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
21034010030_BAB 1.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
21034010030_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2027. Download (528kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
21034010030_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 4)
21034010030_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
21034010030_BAB 5.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21034010030_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21034010030_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (MERR IIC) merupakan salah satu koridor strategis Surabaya yang mengalami pertumbuhan signifikan dalam hal lalu lintas dan pemanfaatan ruang. Peningkatan kendaraan pribadi di jalur ini berdampak pada tingginya emisi gas buang, khususnya karbon dioksida (CO₂) dan karbon monoksida (CO), yang berpotensi merusak kualitas lingkungan. Jalur hijau sebagai bagian dari ruang terbuka hijau (RTH) berperan penting dalam menyerap emisi melalui proses fotosintesis dan penyimpanan karbon dalam biomassa vegetasi. Penelitian ini menganalisis daya serap karbon pohon dengan pendekatan non-destruktif melalui pengukuran diameter batang setinggi dada (DBH) dan penerapan persamaan alometrik untuk estimasi biomassa dan stok karbon. Hasilnya dibandingkan dengan timbulan emisi CO₂ yang dihitung berdasarkan volume kendaraan melalui metode traffic counting dan penerapan faktor emisi spesifik per jenis kendaraan. Hasil studi menunjukkan total emisi CO₂ sebesar 4.367.471 kg/tahun, sedangkan daya serap vegetasi mencapai 6.748.212 kg/tahun. Segmen A dan B memiliki surplus serapan, sementara segmen C dan D mencatatkan sisa emisi. Hal ini menegaskan pentingnya optimalisasi jalur hijau, baik melalui penambahan luasan maupun peningkatan kualitas vegetasi, sebagai strategi mitigasi emisi kendaraan di kawasan urban. Kata Kunci: Jalur Hijau, Stok Karbon, Emisi CO₂, Vegetasi, MERR IIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Environmental Engineering | ||||||||
Depositing User: | Hana Criselli Naftalia | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2025 08:45 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 01:57 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/40875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |