PENERAPAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) UNTUK PENENTUAN REKOMENDASI PAKET PRODUK DI TOKO HN

Kholis, Mukhamad Nur (2022) PENERAPAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) UNTUK PENENTUAN REKOMENDASI PAKET PRODUK DI TOKO HN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN' JAWA TIMUR.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (80kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (225kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (443kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (643kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (126kB) | Preview

Abstract

Data penjualan yang berupa transaksi produk oleh konsumen seringkali terbengkalai begitu saja. Terutama oleh pihak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tidak melakukan apa-apa dengan data tersebut, sehingga perkembangan usahanya akan tidak secepat dan sesuai dengan yang diharapkannya. Untuk mengatasi masalah tersebut Market Basket Analysis yang merupakan sebuah metode untuk menganalisa data transaksi konsumen akan dapat membantu mengembangkan para pengusaha tersebut. Salah satunya adalah ditoko HN data transaksi penjualan yang sebelumnya dibiarkan saja akan mengurangi kecepatan perkembangan usahanya. Oleh sebab itu diperlukanya sistem atau metode untuk menganalisa dan membuat hasil transaksi tersebut bisa dipakai lagi. MBA adalah salah satu metode yang dapat melakukan Analisa data transaksi produk yang terjual secara bersamaan. Dari Analisa tersebut Association Rules berperan sangat penting karena merupakan pengambil keputusan dalam pengelolahan data transaksi tersebut. Namun pada association rules tersebut terdapat aturan penting yang mempengaruhi pengambilan keputusannya yaitu pada nilai confidence dan support. Namun dengan memanfaatkan algoritma masalah itu dapat teratasi dengan cukup baik salah satunya adalah algoritma fp-growth, yang dapat membantu mengatasi persoalan tentang nilai support dan confidence. Dengan adanya penelitian ini maka diharapkan akan dihasilkan sebuah sistem yang didalamnya dapat menghasilkan rekomendasi paket produk yang nantinya dapat menjadi acuan pengusaha UMKM dalam pengembangan usahanya. Misalnya dalam pembuatan diskon paket produk ataupun dengan peletakan barang yang saling berdekatan sesuai dengan hasil association rules pada sistem yang telah dibuat. Kata Kunci : Association Rules, FP-Growth, UMKM, MBA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWAHANANI, HENNI ENDAHNIDN0022097811UNSPECIFIED
Thesis advisorMANDYARTHA, EKA PRAKARSANIDN0725058805UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Lisa Nadya Irawan
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:15
Last Modified: 12 Jan 2022 02:15
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item