Dewi, Nanda Anisa (2025) Sekolah Luar Biasa di Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa timur.
![]() |
Text (COVER)
21051010098-Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
21051010098-Bab I Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN OBJEK PERANCANGAN)
21051010098-Bab II Tinjauan objek perancangan.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB III TINJAUAN LOKASI PERANCANGAN)
21051010098-Bab III Tinjauan lokasi perancangan.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV ANALISA PERANCANGAN)
21051010098-Bab IV Analisa Perancangan.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB V KONSEP PERANCANGAN)
21051010098-bab V Konsep perancangan.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB VI APLIKASI KONSEP PERANCANGAN)
21051010098-bab VI Aplikasi konsep perancan.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (4MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21051010098-Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21051010098-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 18 July 2027. Download (90MB) |
![]() |
Text (POSTER)
21051010098-Poster.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2027. Download (81MB) |
Abstract
Kualitas pendidikan merupakan aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, termasuk bagi penyandang disabilitas. Data menunjukkan Jawa Timur memiliki jumlah penyandang disabilitas terbesar kedua di Indonesia dengan lebih dari 20.000 jiwa, dengan Surabaya sebagai ibu kota provinsi memiliki potensi besar dalam penyediaan pendidikan inklusif. Berdasarkan data tahun 2022, Surabaya memiliki 5.724 penyandang disabilitas dengan jumlah terbanyak adalah tunagrahita (4.334), diikuti tunarungu/wicara (652), dan tunadaksa (477). Perancangan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Surabaya ini bertujuan untuk mewadahi kebutuhan pendidikan bagi penyandang disabilitas pada jenjang SD dan SMP dengan fokus pada tiga jenis ketunaan tersebut. Perancangan menggunakan pendekatan arsitektur multisensori dengan tema "Space to Develop Sensory" yang menekankan pada pengoptimalan kemampuan sensorik siswa melalui desain. Metode perancangan berfokus pada stimulasi panca indera melalui elemen-elemen arsitektural seperti pencahayaan yang nyaman, material bertekstur, taman sensorik, dan sistem sirkulasi yang aksesibel. Hasil rancangan menghadirkan tatanan massa terbuka dengan area komunal di tengah, penggunaan warna kontras untuk orientasi, dan fasilitas pendukung seperti taman sensorik serta gymnasium untuk terapi. Perancangan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung pengembangan potensi optimal siswa berkebutuhan khusus di Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture | ||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Architecture | ||||||||
Depositing User: | nanda anisa dewi | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:02 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:02 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/39730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |