Sekolah Luar Biasa di Surabaya

Dewi, Nanda Anisa (2025) Sekolah Luar Biasa di Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa timur.

[img] Text (COVER)
21051010098-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
21051010098-Bab I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN OBJEK PERANCANGAN)
21051010098-Bab II Tinjauan objek perancangan.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text (BAB III TINJAUAN LOKASI PERANCANGAN)
21051010098-Bab III Tinjauan lokasi perancangan.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV ANALISA PERANCANGAN)
21051010098-Bab IV Analisa Perancangan.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text (BAB V KONSEP PERANCANGAN)
21051010098-bab V Konsep perancangan.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI APLIKASI KONSEP PERANCANGAN)
21051010098-bab VI Aplikasi konsep perancan.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21051010098-Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21051010098-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2027.

Download (90MB)
[img] Text (POSTER)
21051010098-Poster.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (81MB)

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, termasuk bagi penyandang disabilitas. Data menunjukkan Jawa Timur memiliki jumlah penyandang disabilitas terbesar kedua di Indonesia dengan lebih dari 20.000 jiwa, dengan Surabaya sebagai ibu kota provinsi memiliki potensi besar dalam penyediaan pendidikan inklusif. Berdasarkan data tahun 2022, Surabaya memiliki 5.724 penyandang disabilitas dengan jumlah terbanyak adalah tunagrahita (4.334), diikuti tunarungu/wicara (652), dan tunadaksa (477). Perancangan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Surabaya ini bertujuan untuk mewadahi kebutuhan pendidikan bagi penyandang disabilitas pada jenjang SD dan SMP dengan fokus pada tiga jenis ketunaan tersebut. Perancangan menggunakan pendekatan arsitektur multisensori dengan tema "Space to Develop Sensory" yang menekankan pada pengoptimalan kemampuan sensorik siswa melalui desain. Metode perancangan berfokus pada stimulasi panca indera melalui elemen-elemen arsitektural seperti pencahayaan yang nyaman, material bertekstur, taman sensorik, dan sistem sirkulasi yang aksesibel. Hasil rancangan menghadirkan tatanan massa terbuka dengan area komunal di tengah, penggunaan warna kontras untuk orientasi, dan fasilitas pendukung seperti taman sensorik serta gymnasium untuk terapi. Perancangan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung pengembangan potensi optimal siswa berkebutuhan khusus di Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWinasih, Sri Suryani YupraptiNIDN0022076706srisuryani.ar@upnjatim.ac.id
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Departement of Architecture
Depositing User: nanda anisa dewi
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:02
Last Modified: 18 Jul 2025 07:02
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/39730

Actions (login required)

View Item View Item