Thaher, Dinda Febri Putri (2025) ANALISIS MANAJEMEN IMPRESI CI MEHONG DALAM MEMBANGUN PRESENTASI DIRI PADA AKUN TIKTOK @pikbakinghouse. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
COVER-DAFTAR GAMBAR Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
BAB 1 Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB 2 Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2027. Download (239kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB 3 Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2027. Download (246kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB 4 Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2027. Download (9MB) |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB 5 Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Download (126kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RIWAYAT HIDUP Naskah Skripsi (Dinda Febri_21043010208).pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2027. Download (78kB) |
Abstract
TikTok dengan format video berdurasi pendek dan sistem For You Page memungkinkan penyebaran konten secara masif. Fenomena ini membuka peluang pemasaran digital, juga tantangan untuk menarik perhatian audiens di tengah persaingan konten yang ketat. Sehingga konstruksi identitas digital menjadi sangat penting, terutama bagi pihak yang memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran. Keberhasilan hal ini dapat membentuk kesan yang membedakan diri dari pesaingnya. Penelitian ini mengkaji seorang pelaku usaha, Ci Mehong, yang berhasil membentuk kesan yang membedakan kontennya dari pesaing dengan gaya komunikasi yang frontal dan persona yang otentik bahkan kontroversial. Hal ini membangun keunikan yang membawanya pada popularitas. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap presentasi diri yang dibangun Ci Mehong melalui konten yang diunggah dalam akun TikTok bisnisnya yaitu @pikbakinghouse. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, paradigma konstruktivis, serta metode studi kasus, analisis penelitian ini didasarkan pada teori manajemen impresi oleh Erving Goffman dan strategi presentasi diri dari Edward Jones dan Pittman, yang terdiri dari lima tipologi: ingratiation, intimidation, self-promotion, exemplification, dan supplication. Objek penelitian ini adalah gaya komunikasi, penampilan, dan pembawaan diri Ci Mehong. Data dikumpulkan melalui dokumentasi untuk memperoleh transkrip dan cuplikan video konten. Peneliti juga melakukan studi pustaka mengenai teori relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ci Mehong secara dominan menerapkan dua strategi utama yaitu intimidation dan exemplification. Meskipun demikian, strategi ingratiation juga turut ditemukan secara konsisten. Namun, tidak menjadi karakter utama yang ditonjolkan. Penelitian ini menegaskan bahwa membangun kesan yang kuat dan khas melalui presentasi diri merupakan kunci meraih keberhasilan pemasaran di platform TikTok yang dinamis. Kata Kunci: Manajemen Impresi, Presentasi Diri, TikTok, Ci Mehong
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Dinda Febri Putri Thaher | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:01 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 08:01 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/39720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |