Analisis Strategi Pemasaran Honkai: Star Rail Dalam Penetrasi Pasar Game Jepang Tahun 2023-2024

Istiqfaroh, Septian Nurul (2025) Analisis Strategi Pemasaran Honkai: Star Rail Dalam Penetrasi Pasar Game Jepang Tahun 2023-2024. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
Cover (12)_organized.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2028.

Download (635kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2028.

Download (465kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Honkai: Star Rail merupakan sebuah game dengan genre RPG yang dikembangkan oleh miHoYo, dan berhasil meraih posisi atas di pasar game Jepang sejak dirilis pada tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adaptasi strategi pemasaran global yang diterapkan oleh Honkai: Star Rail dalam proses penetrasi ke pasar Jepang selama periode 2023 hingga 2024. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka. Kerangka teori yang digunakan mencakup strategi pemasaran global, strategi adaptasi, dan marketing mix 7P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Honkai: Star Rail melakukan penyesuaian terhadap seluruh elemen pemasaran tersebut dengan kebutuhan dan preferensi pasar Jepang. Penyesuaian tersebut antara lain meliputi penggunaan konten berbahasa dan bergaya visual lokal seperti anime (product), penetapan harga dalam mata uang yen dan sistem gacha yang mematuhi regulasi setempat (price), distribusi multikanal serta layanan dalam bahasa Jepang (place), promosi yang melibatkan media sosial khusus untuk penutur bahasa Jepang, kerja sama, dan kolaborasi dengan merek lokal (promotion), penggunaan pengisi suara Jepang (seiyu) (people), sistem layanan dalam game yang telah dilokaliasi sepenuhnya (process), dan penyediaan merchandise serta kolaborasi luring seperti pop-up café (physical evidence). Strategi ini berkontribusi terhadap keberhasilan Honkai: Star Rail dalam membangun hubungan emosional dan keterlibatan dengan pemain Jepang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorrasydah, resaNIP.198610312021212001resa_rasyidah.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Septian Nurul Istiqfaroh
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:40
Last Modified: 02 Jul 2025 07:40
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/39142

Actions (login required)

View Item View Item