STRATEGI GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN DALAM PROGRAM GLOBAL HANSIK CAMPAIGN DI INDONESIA PADA TAHUN 2012-2017

Shertina, Rara (2021) STRATEGI GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN DALAM PROGRAM GLOBAL HANSIK CAMPAIGN DI INDONESIA PADA TAHUN 2012-2017. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (296kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 4 January 2024.

Download (888kB)
[img] Other (BAB 3)
3..PDF
Restricted to Registered users only until 4 January 2024.

Download (402kB)
[img]
Preview
Other (BAB 4)
4.PDF

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (160kB) | Preview

Abstract

Global Hansik Campaign adalah upaya gastrodiplomasi Korea Selatan dengan memanfaatkan budaya kuliner Korea sebagai instrumen diplomasinya. Mantan Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak menginisiasi Global Hansik Campaign untuk meningkatkan kesadaran budaya serta meningkatkan nation branding Korea Selatan. Sehingga, citra Korea Selatan dapat dibedakan dengan Jepang dan Tiongkok. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan dari Global Hansik Campaign. Keberhasilan Global Hansik Campaign di Indonesia terlihat ketika tingkat pembukaan restoran Korea di Indonesia memasuki peringkat kelima terbesar di dunia dan tertinggi di Asia Tenggara. Dalam melaksanakan Global Hansik Campaign, Korea Selatan melakukan berbagai strategi gastrodiplomasi. Penelitian ini akan mengidentifikasi strategi pemerintah Korea Selatan dalam program Global Hansik Campaign di Indonesia pada tahun 2012-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan penelitian ini adalah data skunder yang diperoleh melalui studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Korea Selatan dalam program Global Hansik Campaign di Indonesia pada tahun 2012-2017. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti akan menggunakan konsep gastrodiplomasi yang dikemukakan oleh Paul S. Rockower dan strategi gastrodiplomasi dari Juyan Zhang. Hasil dari penelitian ini adalah, Korea Selatan menggunakan berbagai macam strategi gastrodiplomasi untuk mengkomunikasikan budaya kuliner Korea kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Keywords: Gastrodiplomacy, Global Hansik Campaign, South Korea, Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDUTOMO, ARIO BIMONIDN0003089301UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:50
Last Modified: 04 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item