DIGITALISASI INDUSTRI PERFILMAN GLOBAL PASCA PANDEMI COVID-19: NETFLIX SEBAGAI ALTERNATIF PASAR EKSPOR FILM KOREA SELATAN

LAILY, FARADINA TSHANIA (2021) DIGITALISASI INDUSTRI PERFILMAN GLOBAL PASCA PANDEMI COVID-19: NETFLIX SEBAGAI ALTERNATIF PASAR EKSPOR FILM KOREA SELATAN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
Cover.PDF

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Other (BAB 1)
1.PDF

Download (472kB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 3 January 2024.

Download (287kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 3 January 2024.

Download (682kB)
[img]
Preview
Other (BAB 4)
4.PDF

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (215kB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 yang tidak hanya mengancam keamanan kesehatan masyarakat global tetapi juga memberikan dampak yang cukup besar pada kelangsungan kegiatan ekonomi, termasuk industri perfilman. Pada tahun 2020 industri perfilman global mengalami kelumpuhan pasar akibat penutupan bioskop yang secara otomatis juga memberikan dampak penurunan penjualan dan pendapatan industri perfilman. Sama halnya seperti industri perfilman global, Korea Selatan juga menunjukan penurunan yang cukup signifikan dalam industri perfilmannya. Hingga munculnya alternatif pasar film digital yang membawa angin segar bagi kelangsungan industri perfilman dengan menggunakan layanan streaming, sehingga memungkinkan terjadinya perputaran pasar distribusi film. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada layanan streaming Netflix sebagai alternatif pasar ekspor film Korea Selatan yang merupakan perpadatan pasar distribusi film global. Untuk menganalisis bagaimana perubahan strategi pemasaran ekspor industri perfilman Korea Selatan pasca pandemi COVID-19 dengan menggunakan Netflix sebagai pasar alternatif, penulis menggunakan konsep transformasi pemasaran yang diusung oleh Kumar untuk menjelaskan proses terjadinya perubahan strategi pemasaran ekspor film Korea Selatan. Dengan menggunakan data sekunder dari laporan resmi industri perfilman Korea Selatan serta berita media dan film, penelitian ini akan menjelaskan proses terjadinya transformasi pemasaran ekspor film Korea Selatan menggunakan platform layanan streaming Netflix. Kata kunci: Industri Perfilman, Korea Selatan, Ekspor Budaya, Pandemi COVID19, Transformasi Pemasaran, Netflix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDPURBANTINA, ADIASRI PUTRINIDN0020028601UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 03 Jan 2022 08:02
Last Modified: 03 Jan 2022 08:02
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item View Item