Hamami, Moch. Hawin (2025) KENDALI KECEPATAN PADA MOTOR DC CONVEYOR MENGGUNAKAN METODE PID ZIEGLER-NICHOLS BERBASIS IOT. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2027. Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (568kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
Abstract
Motor DC pada sistem Conveyor industri kerap mengalami penurunan kecepatan (RPM) akibat beban berlebih, yang berdampak pada ketidakstabilan proses produksi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan sistem kendali kecepatan Conveyor berbasis Internet of Things (IoT) dengan menerapkan metode kendali PID yang di tuning menggunakan pendekatan Ziegler-Nichols Tipe 2. Mikrokontroler ESP32 digunakan sebagai unit kendali utama untuk membaca data dari Encoder dan mengatur kecepatan motor DC melalui Motor Driver L298N. Sistem ini terintegrasi dengan platform Ubidots menggunakan protokol komunikasi MQTT, sehingga memungkinkan pemantauan kecepatan (RPM) serta kendali On / Off dan arah rotasi motor (maju / mundur) secara real-time melalui koneksi internet. Selain itu, sistem ini juga dapat dioperasikan secara offline. Meskipun pemanfaatan IoT memberikan kemudahan yang signifikan, sistem masih memiliki keterbatasan, salah satunya adalah penggunaan potensiometer fisik untuk mengatur kecepatan (RPM), yang masih memerlukan intervensi langsung dari operator di lokasi. Penelitian ini menggunakan rasio gear yang tidak terlalu besar untuk memastikan daya angkut Conveyor tetap tercapai, sekaligus menjaga kecepatan (RPM) agar tidak terlalu rendah. Sistem ini dikembangkan menggunakan metodologi Rapid Application Development (RAD) dan diuji melalui pendekatan eksperimental. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berhasil mengimplementasikan fungsi kendali On / Off dan juga kendali arah rotasi pada motor DC, baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh. Metode PID Ziegler-Nichols Tipe 2 dengan parameter tuning akhir K_p=7.2, K_i=48, dan K_d=0,27 mampu menjaga kecepatan motor DC tetap stabil mendekati nilai Setpoint meskipun terjadi perubahan beban. Kedepannya, sistem ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut melalui integrasi multi-platform serta fitur IoT yang lebih canggih, responsif, dan adaptif terhadap kebutuhan industri modern
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics | ||||||||||||
Depositing User: | Moch Hawin Hamami | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2025 08:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jun 2025 08:52 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |