Irmadhani, Mutiara and Marcelia, Firsta (2025) PENGELOMPOKKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN METODE K-MEANS BERDASARKAN JUMLAH RUANG KELAS DAN TENAGA PENDIDI. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
PKL_Cover.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text (Bab I)
PKL_BAB I.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text (Bab II)
PKL_BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 19 June 2028. Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab III)
PKL_BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 19 June 2028. Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
PKL_BAB IV.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
PKL_Daftar Pustaka.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
PKL_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 19 June 2028. Download (272kB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki peran penting dalam membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan anak. Kabupaten Malang, sebagai salah satu daerah yang terus mengalami perkembangan, Mengelompokkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Malang berdasarkan jumlah ruang kelas dan tenaga pendidik, guna memahami distribusi dan kondisi SMP di setiap kecamatan. Dengan menggunakan metode clustering K-Means, data jumlah ruang kelas dan guru dari masing-masing kecamatan dikumpulkan, diolah, dan dinormalisasi untuk kemudian dikelompokkan ke dalam beberapa klaster berdasarkan kesamaan karakteristik. Hasilnya memberikan gambaran yang jelas mengenai wilayah-wilayah dengan kondisi SMP yang serupa, sehingga dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan yang lebih tepat sasaran dalam upaya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Pendekatan ini juga menunjukkan bahwa analisis data dengan metode K-Means dapat menjadi solusi efektif dalam perencanaan pendidikan berbasis wilayah.
Item Type: | Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang)) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Data Science | ||||||||
Depositing User: | Mutiara Mutiara Irmadhani | ||||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2025 08:21 | ||||||||
Last Modified: | 20 Jun 2025 08:21 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |