Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat di Kabupaten Bangkalan

Utami, Adelia Putri (2025) Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat di Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21041010039_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
2141010039_BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text (Bab 2)
21041010039_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (232kB)
[img] Text (Bab 3)
21041010039_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (135kB)
[img] Text (Bab 4)
21041010039_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (971kB)
[img] Text (Bab 5)
21041010039_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21041010039_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (186kB)
[img] Text (Lampiran)
21041010039_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

SAMSAT (Sistem Administrasi Terpadu Satu Atap) merupakan lembaga pemerintahan di Indonesia yang bertugas mengelola administrasi kendaraan bermotor. Kantor Samsat beroperasi dengan tujuan memberikan pelayanan yang cepat, efisien, dan transparan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Pembayaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Bersama Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian Kantor Samsat Bersama Kabupaten Bangkalan berkewajiban untuk memuaskan pelanggannya sebagai organisasi pelayanan publik. Hal tersebut menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dalam hal kualitas pelayanan. Penulis akan menguraikan analisis data sesuai dengan rencana penelitian yang telah ada dalam proposal penelitian tentang Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Bersama Kabupaten Bangkalan setelah merangkum hasil penelitian berupa wawancara dan data pendukung lainnya yang terkait dengan Kantor Samsat Bangkalan. Terdapat beberapa dimensi mutu pelayanan di Kantor Samsat yang masih kurang, sehingga memerlukan peningkatan kinerja pegawai/aparatur kantor Samsat Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan hasil penilaian terhadap kelima dimensi mutu pelayanan yang meliputi; tangible, reliabilitas, daya tanggap, assurance, dan empathy, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh kantor Samsat Kabupaten Bangkalan sudah menunjukkan mutu. Namun masih terdapat satu dimensi yang pelayanannya masih kurang, sehingga perlu adanya peningkatan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Administrasi, Pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTukiman, TukimanNIP 196103231989031001UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Adelia Putri Utami
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:58
Last Modified: 17 Jun 2025 04:58
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38080

Actions (login required)

View Item View Item