Fuqoha, Anfas Salikul (2027) PERANCANGAN ANIMASI 3 DIMENSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN DENGAN JUDUL “SATU MOMEN SATU KESADARAN” DI PT STECHOQ ROBOTIKA INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2027. Download (48kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only until 16 June 2027. Download (27kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inisiatif strategis yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mendorong mahasiswa menggali potensi diri di luar ruang kelas. Salah satu bentuk implementasi program ini adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar langsung di dunia industri. Inisiatif ini didesain tidak hanya untuk menambah wawasan teoritis, tetapi juga meningkatkan kompetensi praktis, kreativitas, dan soft skill mahasiswa melalui pengalaman nyata. PT Stechoq Robotika Indonesia merupakan salah satu mitra industri yang berpartisipasi dalam program MSIB Batch 6. Perusahaan ini menawarkan posisi “3D Designing Specialist in Industry 4.0 for Creative Industries” yang fokus pada pengembangan desain 3D untuk sektor industri kreatif. Posisi ini sangat relevan dengan kebutuhan era Revolusi Industri 4.0, di mana kolaborasi antara kreativitas dan teknologi menjadi kunci utama dalam menciptakan solusi inovatif yang dapat bersaing di pasar global. Selama program studi independen di Stechoq Academy, peserta mendapatkan pembelajaran komprehensif mulai dari dasar hingga tingkat lanjutan dalam bidang desain 3D. Proses belajar difasilitasi melalui platform e-learning dan forum diskusi mingguan (FGD) yang bertujuan untuk mengawal perkembangan peserta secara individual dan kelompok. Dalam studi kasus ini, penulis tergabung dalam kelompok yang mengembangkan animasi 3D bertema edukasi kebersihan pantai, sebagai bentuk kontribusi sosial melalui pendekatan kreatif dan teknologi. Keterlibatan mahasiswa dalam proyek nyata ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga membentuk karakter profesional yang kolaboratif dan adaptif. Dengan adanya bimbingan mentor dan sistem pemantauan progres yang sistematis, diharapkan hasil akhir dari program ini tidak hanya berdampak pada pengembangan individu, tetapi juga memberi kontribusi terhadap isu sosial dan lingkungan melalui media visual digital yang inovatif. Kata Kunci : Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Industri Kreatif 4.0, Desain 3D, Studi Independen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Departement of Visual Communication Design | ||||||||
Depositing User: | Mahasiswa Anfas Salikul Anfas | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:44 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:44 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |