DAMPAK KREDIBILITAS E-WOM PRODUK KECANTIKAN UNTUK DIADOPSI: EKSPLORASI REVIEW PADA WEBSITE FEMALE DAILY MENGGUNAKAN MODEL ELM

FU’AIDA, USLIFATUL (2021) DAMPAK KREDIBILITAS E-WOM PRODUK KECANTIKAN UNTUK DIADOPSI: EKSPLORASI REVIEW PADA WEBSITE FEMALE DAILY MENGGUNAKAN MODEL ELM. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

[img]
Preview
Other (COVER)
1.PDF

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Other (BAB 2)
2.PDF
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (643kB)
[img] Other (BAB 3)
3.PDF
Restricted to Registered users only until 14 December 2023.

Download (443kB)
[img] Other (BAB 4)
4.PDF
Restricted to Registered users only until 14 December 2023.

Download (619kB)
[img]
Preview
Other (BAB 5)
5.PDF

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF

Download (206kB) | Preview
[img] Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF
Restricted to Registered users only until 14 December 2023.

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya Female Daily Beauty Review Platform dalam membantu perempuan Indonesia untuk memutuskan pembelian produk kecantikan. Beredarnya kasus mengenai banyak perusahaan kini membayar oknum-oknum tertentu untuk menyebarkan review palsu sebagai alternatif mereka dalam mendapatkan simpati konsumen dengan cara menghadirkan konten review yang terkesan terlalu berpihak kepada merek atau produk tersebut. Oleh karena itu, pentingnya kredibilitas eWOM untuk diadopsi dan dampaknya terhadap adopsi eWOM di Female Daily. Pengelolaan kredibilitas eWOM akan mempengaruhi pengelolahan reputasi perusahaan. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor apa saja yang berdampak pada kredibilitas eWOM untuk megadopsi eWOM pada website Female Daily. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likehood Model (ELM). Sampel terdiri dari 400 responden yang merupakan member dari Female Daily. Data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS V3.3 Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa eWOM volume, eWOM source credibility, dan consumer invlovement berpengaruh positif terhadap perceived eWOM credibility. Selain itu, perceived eWOM credibility berpengaruh positif terhadap eWOM adoption. Kredibilitas eWOM yang tinggi mampu memberikan pengaruh persuasif pada user lainnya untuk memberikan rekomendasi antar user, sehingga kemungkinan besar penerima pesan atau pembaca akan mengadopsi eWOM tersebut. Sementara itu review yang tidak kredibel, maka review tersebut tidak akan diadopsi oleh penerima pesan. Sedangkan eWOM rate extremism tidak berpengaruh positif terhadap perceived eWOM credibility. nilai t-statistik sebesar 1.184 kurang dari dari nilai t-tabel dengan nilai signifikan 0.05 yaitu 1.96 dan nilai p (p values) sebesar 0.237 diatas 0.05 (level signifikan 5%). Kata kunci: eWOM, ELM, perceived eWOM credibility, eWOM adoption, Female Daily

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDPRATAMA, ARISTANIDN0020039101UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFAROQI, ASIFNIDN019058703UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Amalia Hani
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:28
Last Modified: 14 Dec 2021 04:28
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item