PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS AI SEBAGAI BENTUK PEMERATAAN TEKNOLOGI DI PULAU BATAM, KEPULAUAN RIAU

Kalis, Ahmad Ilham Ramadhan and Vanessa, Devina Setya and Wahyuningsih, Desi Tri (2024) PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS AI SEBAGAI BENTUK PEMERATAAN TEKNOLOGI DI PULAU BATAM, KEPULAUAN RIAU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 3 (4). 01-15. ISSN e2961-9254

[img] Text
Pelatihan Digital Marketing Berbasis AI sebagai Bentuk Pemerataan Teknologi di Pulau Batam, Kepulauan Riau.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pelatihan Digital Marketing Berbasis AI sebagai Bentuk Pemerataan Teknologi di Pulau Batam, Kepulauan Riau.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kota Batam sebagai pusat industri dan perdagangan memiliki potensi pasar yang besar untuk pemanfaatan teknologi digital. Kota Batam telah memiliki infrastruktur yang memberikan kemudahan akses antar pulau, namun penyebaran transformasi digital masih belum mencakup pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya. Penggunaan Artificial Intelligence atau AI masih menjadi hal yang asing bagi sebagian masyarakat pulau di luar kota Batam. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai digitalisasi dan konsep AI dalam digital marketing sebagai upaya penunjang perekonomian masyarakat Pulau Batam. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengadakan sosialisasi terkait konsep AI dan potensi dampak positif AI serta lokakarya praktis penerapan AI, dimana mahasiswa melakukan kerjasama dengan Direktur Yayasan SPMAA Batam dan para relawan TIK dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang begitu tinggi untuk belajar mengenai konsep AI dan penggunaannya dalam memasarkan produk mereka di media sosial. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan para pemilik UMKM dan seluruh masyarakat yang ada di pulau Batam dapat merasakan manfaat kemajuan teknologi, khususnya AI serta diharapkan dapat membantu pemerintah dalam upaya pemerataan transformasi digital di pulau Batam. Kata kunci: Pelatihan Digital Marketing, AI, Pemerataan Teknologi.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAchmad, Zainal AbidinNIDN373059901701z.abidinachmad@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410 Marketing. Distribution of Products
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Accounting
Depositing User: Devina Setya Vanessa
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:01
Last Modified: 18 Dec 2024 08:01
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/33233

Actions (login required)

View Item View Item