PERBANDINGAN REPRESENTASI ROMANTISISME REMAJA DALAM TRILOGI FILM DILAN

RAMADHANI, FARADELIA (2021) PERBANDINGAN REPRESENTASI ROMANTISISME REMAJA DALAM TRILOGI FILM DILAN. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
Text (Cover)
cvrr.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
b1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (Bab 2)
b2.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2023.

Download (618kB)
[img] Text (Bab 3)
b3.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2023.

Download (861kB)
[img] Text (Bab 4)
b4.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2023.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
b5.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
dapus.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Film saat ini adalah salah satu kebutuhan sebagai media hiburan. Selain itu film juga menggambarkan suatu budaya kehidupan masyarakat melalui kish yang ditampilkan. Unsur romantisme yang terdapat dalam sebuah film pun dipengaruhi oleh kehidupan social di masyarakat, terutama film yang menceritakan tentang kisah percintaan remaja seperti pada triologi film Dilan yang diangkat dari sebuah novel yang berjudul sama. Film Dilan ’90, Dilan ’91, dan Milea Suara dari Dilan yang merupakan sebuah trilogy film. Trilogy film Dilan tersebut menceritakan tentang kisah cinta remaja SMA. Dalam menggambarkan romantisisme remaja dalam trilogy film Dilan peneliti mengambil beberapa scene dari tiap film Dilan untuk dianalisis dan dijadikan tolak ukur sebagai perbandingan dalam romantisisme percintaan remaja SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan representasi remaja dalam triologi film Dilan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisi semiotika john fiske “the code of television” yang memasukkan kode-kode sosial ke dalam tiga level yakni level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil dari penelitian ini adalah pada Representasi, Romantisme remaja yang ditunjukkan oleh tokoh Dilan dan Milea dalam ketiga film tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada sudut pandang serta alur cerita dari masing masing film. Aspek romantisme dapat dilihat dari tiga unsur yaitu intimacy, passion, dan komitmen yang terdapat dalam ketiga film tersebut. Pemaknaan romantisme remaja pada triologi film Dilan banyak menggunakan simbol-simbol verbal, beberapa menggunakan symbol nonverbal seperti ekspresi dan sentuhan antara kedua karakter utama. Level ideologi pada ketiga film tersebut memiliki perbedaan dimana Film Dilan 1990 menggambarkan romantisisme remaja pada saat pendekatan, film dilan 1991 menggambarkan romantisisme remaja pada saat masa berpacaran, dan film milea suara dari Dilan menggambarkan adanya romantisisme dalam sebuah perpisahan dimana dalam film tersebut lebih digambarkan oleh tokoh dilan yang meromantisasi patah hatinya sendiri. Kata kunci : film, semiotika, representasi, romantisme, remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahmawati, AuliaNIDN0727078201UNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Fatchullah Fatchullah
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:41
Last Modified: 18 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item