Diarsa, Fadhila Kresna (2021) STRATEGI CITY BRANDING KOTA MADIUN KOTA PENDEKAR (Studi Kasus City Branding Kota Madiun Sebagai Kota Pendekar). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.
|
Other (COVER)
Cover.PDF Download (595kB) | Preview |
|
Other (BAB 2)
2.PDF Restricted to Registered users only until 18 October 2023. Download (257kB) |
||
Other (BAB 3)
3.PDF Restricted to Registered users only until 18 October 2023. Download (71kB) |
||
Other (BAB 4)
4.PDF Restricted to Registered users only until 18 October 2023. Download (1MB) |
||
|
Other (BAB 5)
5.PDF Download (47kB) | Preview |
|
|
Other (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.PDF Download (122kB) | Preview |
|
Other (LAMPIRAN)
Lam.PDF Restricted to Registered users only until 18 October 2023. Download (369kB) |
Abstract
Kegiatan City Branding merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk membangun sebuah citra positif dari suatu daerah, guna mempromosikan potensi daerah tersebut pada masyarakat umum. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi branding yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Madiun dalam membangun City Branding Kota Madiun Kota Pendekar, dengan menggunakan metode studi kasus, dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap bagaimana strategi branding yang digunakan oleh Pemerintah Kota Madiun dalam membangun sebuah City Branding Kota Madiun sebagai Kota Pendekar dengan menggunakan kerangka acuan tahapan pembentukan branding yang terdapat pada teori Alina Wheeler. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada beberapa perwakilan Pemerintah Kota Madiun seperti Diskominfo Kota Madiun, Disbudparpora Kota Madiun, Bappeda Kota Madiun serta perwakilan dari pihak DPRD Kota Madiun serta menganalisis berbagai dokumen resmi terkait City Branding Kota Madiun Kota Pendekar dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada tahapan Conducting Research, Pemerintah Kota Madiun mengedepankan pendekatan berupa dialog langsung pada masyarakat melalui serangkaian rapat dan jaring pendapat 2) Pada Tahapan Clarifying Strategy, Pemerintah Kota Madiun mengedepankan konsep kearifan lokal serta melakukan promosi dengan membagi sasaran audiens yang dituju kedalam dua golongan 3) Pada Tahapan Designing Identity, Pemerintah Kota Madiun menggunakan empat komponen utama yaitu landmark, event, fesyen dan logo sebagai pembentuk identitas branding. 4) Pada tahapan Creating Touchpoints terdapat tiga tujuan utama untuk membangun ekosistem pariwisata, ekonomi kreatif serta menciptakan suasana Kota Madiun yang aman dan damai. 5) Pada tahapan Managing Assets Pemerintah Kota Madiun memiliki tiga OPD sebagai leading sectors utama dalam kegiatan City Branding Kota Madiun, yaitu Disbudparpora Kota Madiun, Diskominfo Kota Madiun serta Bappeda Kota Madiun, yang berpedoman RPJMD serta roadmap smart city Kota Madiun 20192024. Kata kunci : city branding, kota madiun, kota pendekar,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication | ||||||||
Depositing User: | Amalia Hani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:11 | ||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:11 | ||||||||
URI: | http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2944 |
Actions (login required)
View Item |