Pemodelan dan Analisis Data Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan BSPJI Kota Surabaya dengan K-Means Clustering

S, Sahat Renaldi and Atnanda, Primus Akbar (2024) Pemodelan dan Analisis Data Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan BSPJI Kota Surabaya dengan K-Means Clustering. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
Cover PKL.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
Bab I PKL.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II PKL.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (371kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III PKL.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV PKL.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka PKL.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (190kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran PKL.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (673kB)

Abstract

Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Kota Surabaya merupakan unit pelayanan teknis di bawah Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan jasa penilaian/standarisasi kesesuaian produk atau sistem mutu industri. Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanannya, BSPJI Kota Surabaya rutin melakukan evaluasi kontinu melalui penyebaran kuisioner kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Studi kasus dalam laporan ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BSPJI Kota Surabaya selama periode 2018-2022. Data survei kepuasan masyarakat yang dikumpulkan selama 5 tahun terakhir dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif, pengujian hipotesis, dan pemodelan K-Means. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BSPJI Kota Surabaya selama periode 2018-2022 relatif tinggi. Namun, terdapat penurunan performa dalam hal rata-rata IKM di tahun 2022 hampir di semua instrumen khususnya yang terkait dengan biaya layanan. Layanan pengujian, konsultansi, dan penelitian dan pengembangan merupakan 3 jenis layanan dengan performa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang paling tinggi. Jenis pelayanan yang lainnya juga sudah baik, namun perlu perhatian lebih pada jenis layanan sertifikasi produk dan sertifikasi sistem manajemen mutu yang mendapatkan nilai sedikit lebih rendah khususnya yang terkait dengan biaya layanan. Berdasarkan metode Elbow dan Sillhoute, diperoleh jumlah cluster optimum untuk pemodelan K-Means adalah 2 cluster. Cluster 1 menunjukkan karakteristik di mana semua nilai instrumen berada di bawah 3.5, menandakan bahwa cluster ini cenderung memiliki kekuatan instrumen yang relatif rendah, dimana terdapat 449 (49.4%) responden masuk dalam cluster ini. Hasil pemodelan K-Means dengan reduksi dimensi PCA menujukkan bahwa penilaian responden cluster 1 lebih bervariasi dan cenderung lebih rendah dalam hal kepuasan terhadap BSPJI.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFahrudin, Tresna MaulanaNIDN0701059301tresna.maulana.ds@upnjatim.ac.id
Thesis advisorDamaliana, Aviolla TerzaNIDN0002089402aviolla.terza.sada@upnjatim.ac.id
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Data Science
Depositing User: Sahat Renaldi S
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:37
Last Modified: 01 Aug 2024 07:37
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28036

Actions (login required)

View Item View Item