UPAYA PENINGKATAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF MELALUI PEMBERDAYAAN SERTA BRANDING UMKM DI DESA AMBULU, KECAMATAN SUMBERASIH, KABUPATEN PROBOLINGGO

Novitasari, Ervinda Anggun and Roso, Yoseph Santovino and Fadhilah, Risca Nur and Handayani, Dwi Lia and Dina, Hana Maulid and Rivayanti, Tesa Putri and Arif, Amisha Novita and Anggraini, Ersa Falevi and Ramadhan, Syahwa (2024) UPAYA PENINGKATAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF MELALUI PEMBERDAYAAN SERTA BRANDING UMKM DI DESA AMBULU, KECAMATAN SUMBERASIH, KABUPATEN PROBOLINGGO. Fisip, UPN "Veteran" Jawa Timur, UPN "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
Laporan Akhir KKN-T MBKM Kelompok 61_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Laporan Akhir KKN-T MBKM_Kelompok 61_BAB 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text (Bab 2)
Laporan Akhir KKN-T MBKM_Kelompok 61_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
Laporan Akhir KKN-T MBKM_Kelompok 61_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Laporan Akhir KKN-T MBKM_Kelompok 61_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (Lampiran)
Laporan Akhir KKN-T MBKM_Kelompok 61_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T) yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Pada Universitas UPN “Veteran” Jawa Timur menetapkan 3 skema meliputi: 1) Bebas Stunting; 2) Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif; 3) Desa Wisata. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan KKNT-MBKM ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memahami permasalahan masyarakat dan dapat melatih sikap menjadi seorang pemimpin dalam membanguna perekonomian di desa, serta menumbuhkan semangat untuk berpikir dan bekerja bagi masyarakat. KKN-T MBKM dilaksanakan pada tanggal 16 Maret-22 Juni 2023. Kelompok KKN-T MBKM Dalam program ini pihak Universitas dan Mahasiswa Peserta KKN-T bekerjasama dengan pihak Kabupaten Probolinggo. Mahaasiswa Kelompok 61 KKN-T MBKM tergabung dalam skema Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. Dalam hal ini Kelompok 61 KKN-T melakukan pelaksanaan program kerja pendampingan dan pengembangan UMKM di Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Program Kerja yang telah dilaksanakan oleh Kelompok 61 MBKM meliputi : Bazar Ramadhan dan Lomba Mewarnai; Pembuatan Teknologi Vertikal Hortikultura; Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB); Inovasi Produk UMKM; Pembuatan Teknologi Tepat Guna untuk UMKM; Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing dan E- Commerce; Pembuatan Konten Youtube; Live Report; Media Sosial; dan School Visit. Program – program tersebut dapat terlaksana dengan baik selama kurang lebih 3 bulan dan dapat diterima dengan baik oleh Pelaku UMKM di Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Dalam proses pelaksanaan program kerja juga terdapat beberapa tantangan dan hambatan tersendiri bagi mahasiswa untuk memecahkan permasalahan agar program yang telah disusun dapat berjalan secara optimal serta dapat mengembangkan potensi UMKM yang ada di Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Other
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWahyudi, Kalvin Edo17119890304005kalvinedo.adne@upnjatim.ac.id
Uncontrolled Keywords: UMKM, Kabupaten Probolinggo, Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economics
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: Risca Nur Fadhilah
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:31
Last Modified: 30 Jul 2024 02:31
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27919

Actions (login required)

View Item View Item