Pemberdayaan Masyarakat Mengefisiensi Penggunaan Air Pada Lahan Kering Dengan Sistem Irigasi Tetes Di Desa Plintahan Kec. Pandaan Kab. Pasuruan

Putri, Aninda Herlya and Rahmadhani, Muhammad Daffa Akbar (2024) Pemberdayaan Masyarakat Mengefisiensi Penggunaan Air Pada Lahan Kering Dengan Sistem Irigasi Tetes Di Desa Plintahan Kec. Pandaan Kab. Pasuruan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI). ISSN P-ISSN 2775-3034 (Submitted)

[img] Text
Jurnal Irigasi Tetes JPMI.pdf

Download (407kB)

Abstract

Abstrak Masyarakat di Dusun Ngadilegi, Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan saat ini mengalami permasalahan kekeringan lahan yang berpengaruh pada produktivitas lahan. Agar produktivitas lahan bisa dipertahankan dibutuhkan pemberian air yang efisien pada tanaman. Salah satu metode penyiraman yang efisien adalah metode irigasi tetes. Pengabdian kepada masyarakat kali ini akan memanfaatkan irigasi tetes sederhana untuk menyirami tanaman cabai. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat mencapai efisiensi penggunaan air yang optimal sehingga produktivitas pertanian pada lahan kering khusunya di Dusun Ngadilegi Utara, Desa Plintahan, Pandaan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Sistem irigasi tetes dapat diaplikasikan melalui dua cara, yaitu memanfaatkan gaya gravitasi dan pompa air. Kegiatan pengabdian ini berupa praktik langsung penggunaan irigasi tetes sederhana oleh Mahasiswa Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur kepada Kelompok Tani (POKTAN) yang menjadi sasaran di kegiatan ini. Harapannya semua masyarakat di Desa Plintahan juga dapat menerapkan irigasi tetes sederhana ini. Adanya kegiatan ini dapat menjadi solusi atas permasalahan kekurangan air saat musim kemarau yang menyebabkan kekeringan pada lahan. Keunggulan lain dari irigasi tetes ini adalah masyarakat tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyirami tanaman sehingga dapat mengefisiensikan jumlah air, waktu, dan tenaga.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArifin, Moch0023056508arifin.agro@upnjatim.ac.id
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Daffa Rahmadhani
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:02
Last Modified: 30 Jul 2024 07:02
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27886

Actions (login required)

View Item View Item