Pelatihan Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Sebagai Produk Bernilai Ekonomi Tinggi Di RW XI Kelurahan Semolowaru

Triana, Vira and Dina, Anggraini and Puspitasari, Dina (2023) Pelatihan Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Menjadi Lilin Aromaterapi Sebagai Produk Bernilai Ekonomi Tinggi Di RW XI Kelurahan Semolowaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Terapan Vol. 1 No. 2 Desember 2023, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Terapan.

[img] Text (Jurnal KKNT)
ABDIMASTERAPAN+VOL+1+NO.+2+DESEMBER+2023+HAL+114-121.pdf

Download (412kB)

Abstract

Minyak jelantah merupakan limbah minyak yang dihasilkan dari sisa penggorengan secara berulang (umumnya 4x) sehingga sudah tidak layak untuk digunakan kembali dalam mengolah bahan pangan karena kualitasnya yang sudah menurun. Masyarakat RW XI semolowaru, seperti halnya masyarakat pada umumnya tentu setiap hari pasti dapat ditemukan limbah minyak jelantah yang dihasilkan dari kegiatan memasak dalam rumah tangga. Seringkali, minyak tak layak pakai tersebut dibuang sembarangan ke saluran air. Hal tersebut merupakan situasi yang sangat berbahaya karena akan mencemari lingkungan. Sangat penting untuk memberikan pelatihan tentang cara mengolah minyak jelantah menjadi sesuatu yang lebih menguntungkan karena sebagian besar masyarakat tidak mengetahui cara mengolahnya. Salah satunya diolah menjadi lilin aromaterapi. Tujuan dari program pelatihan ini adalah untuk mengedukasi serta memberikan pemahaman tentang teknik pengolahan limbah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi secara lengkap mulai dari penyiapan bahan sampai menjadi produk yang siap digunakan. Metode pelaksanaan dalam kegiatan adalah melalui pendekatan partisipatif dimana warga khususnya ibu-ibu rumah tangga dapat melakukan praktik pembuatan lilin secara langsung. Hasil yang diharapkan dengan dilaksanakannya program ini adalah masyarakat dapat lebih bijak dalam mengelola minyak jelantah yang tak terpakai, masyarakat memperoleh ilmu sekaligus keterampilan baru, selain itu juga dapat menjadi inspirasi ide usaha guna meningkatkan perekonomian.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QD Chemistry
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agritechnology
Depositing User: vira triana triana
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:55
Last Modified: 30 Jul 2024 02:55
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27832

Actions (login required)

View Item View Item