Salsabilla, Shafira (2023) Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Di Kelurahan Sananwetan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 05 (02). pp. 1-9.
Text
pengabmas_131.pdf Download (1MB) |
Abstract
Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2008 UMKM didefinisikan sebagai kegiatan usaha yang berdiri secara mandiri dalam bentuk kelompok maupun perorangan yang bukan merupakan kegiatan usaha dari cabang perusahaan. Berperan sebagai penggerak ekonomi di Indonesia, UMKM dapat menyerap tenaga kerja hingga 97%. Kota Blitar memiliki jumlah unit UMKM sebesar 9.243 unit dengan produk yang dihasilkan sebanyak 14.000 jenis produk. Beberapa masalah yang dihadapi oleh UMKM berupa kurangnya penggunaan sosial media sebagai wadah pemasaran. Digital marketing menjadi media komunikasi yang dianggap lebih efektif dan efisien dalam memasarkan suatu produk. Digital marketing menjadi media komunikasi yang dianggap lebih efektif dan efisien dalam memasarkan suatu produk. Dengan pelaksanaan digital marketing sistem pemasaran UMKM akan menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas jangkauan target usaha serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi untuk kedepannya. Oleh karena itu, untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh UMKM dilakukan sosialisasi tentang langkah awal bagaimana caranya mendapatkan publikasi di sosial media. Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, Sosialisasi, Branding
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Economic > Departement of Management |
Depositing User: | Shafira Salsabilla |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:04 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:04 |
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27586 |
Actions (login required)
View Item |