Pendampingan UMKM Melalui Brand Equity Sebagai Upaya Peningkatan Volume Penjualan Di Desa Bareng

HALIMATUSSA'DIYAH, CINTIA NUR (2024) Pendampingan UMKM Melalui Brand Equity Sebagai Upaya Peningkatan Volume Penjualan Di Desa Bareng. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN). (Submitted)

[img] Text (Jurnal)
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Krisis moneter di tahun 1997 - 1998 merupakan sejarah yang akan menjadi pembelajaran bagi perekonomian Indonesia. Penyebab krisis moneter disebabkan oleh menurunnya nilai mata uang rupiah, tingginya hutang Indonesia di luar negeri, harga barang dan jasa menjadi lebih tinggi dan berdurasi lama sehingga menyebabkan inflasi. Dampak dari krisis moneter adalah perusahaan banyak yang bangkrut, dalam bank mengalami kredit macet, dan sebagainya. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) menjadi penyelamat pada saat terjadinya krisis moneter tahun 1998, pada saat itu. UMKM menopang perekonomian Indonesia dengan bertahan dan menjaga roda ekonomi negara dari ancaman banyaknya pengangguran. UMKM memiliki peranan yang sangat penting bagi Indonesia, karena memberikan sumbangan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang merupakan Desa yang memiliki banyak UMKM, dan dalam penelitian ini membahas mengenai brand equity, dimana branding masih menjadi kendala utama bagi UMKM. Melalui pembuatan logo dan nama brand yang bersumber dari informasi pelaku UMKM, peneliti dapat membantu dalam pendampingan mengenai pemahaman dan pembuatan secara langsung. Brand equity mampu meningkatkan loyalitas konsumen dan memperkuat merek dan dapat diingat sehingga membantu dalam bersaing dengan kompetitor. Mengenai hal tersebut, berpotensi pada penempatan produk (positioning) sehingga konsumen memahami kualitas produk. Dengan demikian penjualan produk UMKM akan meningkat dan lebih maju dari sebelumnya.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANDARINI, SONJANIDNUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Business Administration
Depositing User: Unnamed user with email 20042010102@student.upnjatim.ac.id
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:31
Last Modified: 30 Jul 2024 04:11
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27552

Actions (login required)

View Item View Item